Dirgahayu Republik Indonesia Ke 72 Tahun - 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2017               Selamat Hari Jadi Provinsi Riau 60 Tahun - Menghulu Budaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas               Selamat Hari Raya Idul Adha - 1438 Hijriah - 2017 Masehi Taqabballahu Minkum Minna Wa Minkum               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Kamis, 23 November 2017 11:33 WIB
Untuk mewujudkan Good Governance and Clean Government, Kominfo Dumai adakan Bimtek e-Goverment

Dumai--dumaikota.go.id --

Meningkatkan kualitas tenaga administrator yang terampil dan cakap untuk melaksanakan administrasi dalam pemerintahan secara elektronik, pemerintah Kota Dumai Rabu (22/11/2017) melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah berbasis elektronik (e-Government) di lingkungan pemerintah Kota Dumai.

Dengan pelatihan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menciptakan tenaga tenaga administrasi yang dapat melaksanakan fungsi pemerintah dalam menyelenggarakan pemerintahan yang transparan, efektif dan efesien melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang meliputi penggunaan jejaring informasi berikut perangkat dan sistemnya, pengolahan data statistik telematika.

Walikota Dumai H. Zulkifli As dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 2 Pemerintahan Syamsudin mengatakan konteks reformasi birokrasi dan manajemen modern, keterbukaan, transparansi, dan akuntabilitas dari proses manajemen merupakan suatu keharusan. Sebuah pemerintahan akan semakin tidak dipercaya oleh publik ketika tertinggal dengan prinsip-prinsip mewujudkan pemerintah dan kepemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa serta dipercaya rakyat (Good Governance and Clean Government) dalam mengopersasikan berbagai kebijakan.

“Atas dasar pemikiran itulah, pemerintah tidak henti-hentinya melakukan pembenahan disegala bidang, melakukan penelitian dan pengembangan, selalu menganalisa setiap permasalahan yang terjadi untuk kemudian dicarikan dan diimplementasikan solusi terbaiknya sambil terus mengadakan evaluasi dalam rangka mencapai kesempurnaan suatu sistem dan kebijakan".

Disamping itu, ketersediaan sumberdaya aparatur juga terus menjadi perhatian besar, karena sistem yang baik baru akan dapat berjalan dengan sempurna jika dikendalikan oleh sumber daya manusia yang capable dan memiliki kompetensi tinggi,” kata Syamsudin.

Untuk itulah, pelatihan-pelatihan dalam rangka mempertegas kemampuan aparatur merupakan salah satu usaha kita dalam mencapai kondisi ideal, yakni sistem yang efektif dan didukung oleh administrator yang terampil dan cakap.

“Untuk mewujudkan Good Governance and Clean Government yang didukung oleh kinerja pelaksanaan E-Government pada pemerintah Kota Dumai, maka sudah selayaknya administrasi dalam pemerintahan secara elektronik dapat dipahami, dimengerti dan diimplementasikan sesegaera mungkin,” lanjut Samsudin.

Ditambahkan Syamsudin dalam penyelenggaraan pemerintahan di era digital sekarang, kita tidak lagi bisa melepaskan diri dari teknologi informasi, justru teknologi ini kita gunakan untuk meningkatkan peran kehadiran pemerintah ditengah masyarakat yang semakin aspiratif, partisipatif, sekaligus kritis. Konsep E-Government yang nantinya diterjemahkan kedalam berbagai aplikasi dirasa semakin sangat kita butuhkan. Hal ini mengakibatkan perlu adanya dukungan teknologi informasi untuk pelayanan publik,  pengembangan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Dumai, peningkatan infrastruktur teknologi informasi.

Untuk itulah, petugas administrator yang menangani hal ini perlu untuk bekerja dengan baik dan tepat, tentunya sesuai dengan aturan-aturan yang telah digariskan. Salah satunya adalah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan  Transaksi Elektronik, kemudian Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kegiatan pelatihan ini sangat penting oleh karenanya saya menekankan kepada seluruh peserta untuk mengikuti acara ini dengan serius dan khidmad, sehingga materi yang nantinya disajikan oleh narasumber dapat diserap dengan baik untuk kemudian diimplementasikan di OPD masing-masing,” pungkas Syamsuddin. (de/hms)



Dibaca 55 kali
Penulis/Editor : eko /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informasi Kota Dumai @ 2013, © 2017
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif