DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Senin, 21 Agustus 2017 08:33 WIB
Irup HUT RI Ke 72, Wako Dumai Ajak Semua Komponen Bekerjasama

Dumai--dumaikota.go.id --

Dipusatkan di lapangan kantor Walikota Dumai, upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT RI ke 72 di Kota Dumai, Kamis (17/8) berlangsung khidmat. Rangkaian demi rangkaian acara berlangsung dengan baik tanpa ada halangan.

Walikota Dumai H. Zulkifli AS bertindak sebagai Inspektur (Irup) pada upacara yang dihadiri oleh wakil walikota Dumai Eko Suharjo, unsur Pimpinan DPRD Dumai, unsur Forkopimda dan mantan Walikota dan Wakil Walikota yang pernah memimpin Kota di pantai timur Sumatra ini.

Dalam sambutan Gubernur Riau yang dibacakan Walikota Dumai pada Upacara Bendera Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 menyampaikan makna yang dalam dari peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ini telah membawa dampak perubahan bagi anak bangsa menjadi lebih baik. 

“Bentuk kesolidan dan keutuhan yang kita pegang bersama-sama telah terbingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta. 

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 72 ini mengangkat tema ”Indonesia Kerja Bersama”. Sejalan dengan tema tersebut mengajak kita untuk saling membantu dalam suatu lingkup tatanan budaya gotong royong yang telah membudaya di negeri kita,” ucap Walikota Dumai.

Lebih lanjut disampaikan orang nomor satu di Kota Dumai, saat ini budaya gotong royong nyaris hilang di tengah-tengah masyarakat kita. Hal ini disebabkan tingginya “keegoan” kita dan juga sikap saling menghujat satu sama lainnya di media sosial. 

“Hal tersebut sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Besarnya pengaruh budaya asing yang masuk ke negeri kita tidak dapat terbendung lagi. Begitu juga maraknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang yang telah merusak mental anak bangsa. Bahkan Bapak Presiden RI, Joko Widodo telah mencanangkan “perang” terhadap narkoba. Begitu pun halnya dengan maraknya radikalisme, dan juga munculnya isu-isu sara yang dihembuskan dari pihak yang tak bertanggungjawab. Inilah tantangan bagi kita semua untuk bersatu padu dengan mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa,” jelasnya.

Selama kurun waktu 72 tahun, Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai transisi dinamika pembangunan yang telah menunjukan hasil menggembirakan. Begitu juga yang dialami Provinsi Riau yang beberapa waktu lalu merayakan Hari Jadi yang ke 60. 

“Dengan membangun basis budaya yang telah mendarah daging dalam tunak ke-melayu-an, mengangkat marwah lebih terhormat dan berwibawa dalam “Menghulu Budaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas”, 

Dengan mencanang visi Riau 2020, yakni mewujudkan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu di bentangan Asia Tenggara harus dapat kita capai dengan bekerja bersama-sama antar kelompok, dan golongan untuk membangun negeri Melayu yang telah lama mengakar di negeri ini untuk mencapai kegemilangan diibaratkan dengan pepatah Melayu kuno, yaitu “membangkitkan batang terendam”, dengan bersama-sama mengangkat kembali kebudayaan Melayu yang berintegritas,” jelas Walikota Dumai.

Kemerdekaan RI yang kita peringati saat ini bukanlah suatu pajangan belaka yang dapat tanpa perjuangan dan pengorbanan. Akan tetapi, kemerdekaan ini merupakan hasil usaha dan doa anak bangsa agar terlepas dari belenggu penjajahan. Kemerdekaan ini juga merupakan sebuah karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa untuk bangsa ini menjadi bangsa yang berdaulat dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain diatas muka bumi ini.

“Menjadi negeri yang berdaulat dan berwibawa harus kita wujudkan kepada seluruh anak bangsa. Tekad yang kuat dan usaha yang tak kenal lelah, menjadi suatu keniscayaan bagi kita untuk terus bangkit dalam keterpurukan. Kita tahu, perjalanan bangsa ini belum usai, namun kita banyak terlena dengan angan-angan yang hampa setiap saat menghampiri,” ucapnya.

Laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada Triwulan II tahun 2017 dengan Migas sebesar 2,82 % dan dengan non Migas 4,86 %, berada di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 5,02 %. Namun pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau ini naik dibandingkan tahun 2016 yang hanya 2,23 %.

“Banyaknya hambatan pembangunan di Provinsi Riau saat ini dibarengi dengan rendahnya pertumbuhan ekonomi yang dipengaruhi turunnya harga migas yang diikuti fluktuatifnya harga komoditas utama di Provinsi Riau, yaitu kelapa sawit. Sementara itu, di tengah terhambatnya legalisasi perizinan akibat belum disahkannya secara legal formal RTRW Provinsi Riau, realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) se-Indonesia berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) tahun 2016, Provinsi Riau masih berada di peringkat sepuluh besar dengan total realisasi investasi sebesar Rp. 18,51 Trilyun. Jumlah tersebut sudah mencapai target 100,05% dari target yang diberikan oleh BKPM. Dan di tahun 2017, kita diberikan target investasi oleh BKPM RI sebesar Rp. 20,3 Trilyun atau meningkat sebesar 10,8 persen dibandingkan tahun 2016,” jelas Walikota menyampaikan amanat Gubernur Riau.

Kemeriahan peringatan HUT RI ke72 di Kota Dumai juga terlihat dengan aksi drama, tari dan pertunjukan lainnya yang diisi oleh pemuda pemudi Kota Dumai.(hms)**



Dibaca 336 kali
Penulis/Editor : eko /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait
Jum'at, 18 Agustus 2017 09:13 WIB1 komentar
Dua Orang Bayi Terima Akte dan Kartu Identitas Anak Di Tanggal 17 Agustus 2017

Usai melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang
Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 72 Tahun yang dilaksanakan dilapangan
upacara Kantor Walikota Dumai Jalan Tuanku Tambusai Bagan Besar, Wakil
Walikota Dumai langsung ...(selengkapnya)

 

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif