Dirgahayu Republik Indonesia Ke 72 Tahun - 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2017               Selamat Hari Jadi Provinsi Riau 60 Tahun - Menghulu Budaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas               Selamat Hari Raya Idul Adha - 1438 Hijriah - 2017 Masehi Taqabballahu Minkum Minna Wa Minkum               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 11 Agustus 2017 09:21 WIB
Kota Dumai Siapkan Penanganan Karlahut

Dumai--dumaikota.go.id --

Untuk selalu siaga dalam menghadapi permasalahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Kota Dumai yang dalam 3 tahun belakangan kerap menjadi momok yang menakutkan. Untuk mengatisipasi dini kebakaran lahan Polres Dumai bersama instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Siak 2017 dan Apel Kesiapan Dalam Rangka Penanganan Karlahut di Wilayah Kota Dumai, pada Kamis (10/8/2017) pagi di Halaman Kantor Bersama Jalan H.R. Soebrantas Kota Dumai.

" Menjaga lingkungan agar tetap sehat merupakan amanat Undang Undang Dasar 1945 pasal 28 ayat 1 berbunyi setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan," ujar walikota Dumai dalam amanatnya sebagai inspetur upacara.

Seperti diketahui karlahut menyebabkan kerugian yang tidak sedikit baik material maupun immaterial. Belum lagi jika kita hitung kerugian lainnya seperti kerugian lingkungan, dan juga terjadinya konflik satwa dengan manusia karena kebakaran lahan dan hutan berakibat satwa-satwa tersebut lari dari habitatnya menuju lahan pertanian dan perkebunan serta masuk ke pemukiman masyarakat, tambah Zul AS.

"Pada awal tahun 2017 hingga kini telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai sebanyak 28 titik hotspot yang seluruhnya kini sedang dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian," kata Walikota.

Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak dilakukan sendiri sendiri melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik Pemerintah Kota Dumai, Swasta, dan masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan amanat Inpres nomor 16 tahun 2011 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang telah menginstruksikan kepada 15 Kementerian/Lembaga, termasuk Gubernur, Bupati/Walikota untuk melakukan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing, urai Zul AS.

"Saya mengajak kepada seluruh jajaran instansi pemerintah swasta dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan kita dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan karena sebagian besar kondisi lahan di Kota Dumai berupa gambut yang potensial menyebabkan kebakaran akan meluas secara cepat dan menimbulkan kabut asap," tambahnya. 

"Khusus kepada para penegak hukum Walikota meminta agar lebih fokus untuk melakukan penyelidikan penyidikan dan upaya hukum pada kasus pembakaran hutan dan lahan sehingga dapat memberikan efek Jera bagi para pelaku pembakar hutan dan lahan," tegas Walikota Dumai.

Terkait sarana dan prasarana pemadaman kebakaran yang dimiliki Kota Dumai diakui oleh Walikota Dumai masih kurang memadai. "Kita sadari peralatan kita masih minim dan kurang memadai. Kedapan akan kita usaha melengkapi peralatan penanggulangan kebakaran," ujarnya.

Usai apel gelar pasukan walikota Dumai didampingi wakapolres Kompol,Palaksa Lanal Dumai, , Kadis Pol PP dan pejabat lainnya memeriksa dan menyaksikan secara langsung peralatan pencegahan karlahut yang dimiliki BPBD Dumai, Manggala Agni dan milik perusahaan swasta.(hms)**



Dibaca 100 kali
Penulis/Editor : eko /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait
Rabu, 16 Maret 2016 23:33 WIB
Apel Siaga Asap, Karlahut di Provinsi Riau.

Berdasarkan data statistik badan meteorologi dan geofisika Provinsi Riau Memasuki musim panas tahun 2016 dan telah bermunculannya beberapa titik api yang berada di provinsi Riau maka pemerintah provinsi Riau ...(selengkapnya)

 

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informasi Kota Dumai @ 2013, © 2017
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif