DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 8 November 2016 10:57 WIB
Lounching KIA Kota Dumai

Dumai --

Menyukseskan program pemerintah dalam pendataan catatan sipil khususnya bagi anak, Pemerintah Kota Dumai melalui badan catatan sipil melakukan launching penyerahan kartu identitas anak (KIA) kepada anak Kota Dumai, Senin (7/11/16).

Penyerahan KIA secara simbolis dilakukan Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, SE kepada 3 perwakilan anak yang nantinya KIA tersebut akan diserahkan kepada pihak sekolah kepada anak yang kartu KIA tersebut merupakan hak bagi anak.

Dalam sambutannya Eko Suharjo mengatakan kalau ketertiban masyarakat pada dasarnya menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Mengingat betapa pentingnya keamanan, ketentraman, dan ketertiban bagi pembangunan hak tersebut bukan hanya untuk seluruh orang dewasa, mengingat maraknya tindak kekerasan pada anak maka kita harus lebih konsentrasi untuk melindungi anak-anak kita khususnya ketika mereka akan berangkat dan pulang menuntut ilmu.

Belajar dari hal-hal negatif yang menimpa banyak generasi muda di tanah air kita ini, maka kita sebagai pelindung bagi mereka wajib menjamin keamanan dan kenyamanan bagi seluruh generasi muda yang ada.

Kehidupan generasi muda yang baik akan menghasilkan generasi yang cerdas dan berkualitas serta bermoral. "Penting sekali untuk kita semua peduli dan saling membahu memastikan, mewaspadai, bahakan memonitoring segala bentuk kegiatan anak-anak kita", kata Eko.

Namun untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh anak-anak kita maka kita perlu menciptakan rute yang aman dan nyaman bagi mereka untuk terus menimba ilmu, sehingga tidak akan ada lagi halangan untuk mencerdaskan bangsa, anak pun tidak memiliki rasa takut untuk pergi atau bahkan trauma menuju sekolah atau pulang dari sekolah.

Bimtek rute aman nyaman dari dan ke sekolah ini bukan hanya bertujuan untuk memberikan fasilitas yang aman dan nyaman bagi anak-anak kita semua untuk menuntut ilmu, namun ini juga untuk merangsang minat mereka untuk terus belajar dan giat menimba ilmu.

Dengan adanya rasa aman dan nyaman maka anak-anak akan tertarik untuk treus bersekolah dengan arti lain ini juga dapat mengurangi resiko putus sekolah, dengan meningkatnya minat belajar maka akan semakin dekat kita dengan cita-cita kita yakni mencerdaskan bangsa.

Ini senada dengan UUD 1945 Pasal 28 ayat (2) bahwa "Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasandan diskriminas. Dengan kesadaran tersebut, maka dibutuhkan perhatian dan peran serta kita semua untuk mewujudkan fasilitas publik yang mendukung anak-anak kita untuk mendapatkan perindungan yang tidak hanya dari kekerasan namun juga untuk keselamatan selama berada di publik area ataupun faslitas publik", tegas Eko.

Oleh karena itu saya mewakili Pemerintah Kota Dumai, menghimbau kepada kita semua untuk konsentrasi terhadap hal ini dan khususnya kepada peserta Bimtek agar dapat mengikuti bimtek dengan sebaik-baiknya agar ilmunya dapat dimanfaatkan dengan baik guna pembangunan Kota Dumai Kita ini.

Selain memberikan fasilitas aman dan nyaman kita perlu juga untuk memberikan kartu identitas anak, ini dimaksudkan untuk mempermudah administrasi dalam pengurusan berbagai doumen yang diperlukan ini juga bertujuan untuk memberikan identitas yang kongkrit bagi anak-anak kita.

Kartu identitas anak akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat akan mengurus paspor.

Maka dengan adanya launching kartu identitas anak ini maka semua orang tua yang memiliki anak dibawah usia 17 tahun mulai sekarang dapat memproses kartu identitas semua keluarga. KIA sebagai upaya untuk mendata penduduk sejak lahir sampai anak-anak ini berkewajiban memiliki e-KTP.

Adapun KIA juga bertujuan sebagai bentuk pemenuhan hak anak, juga sebagai upaya untuk meminimalisir adanya perdagangan anak. Maka perlunya anak-anak kita semua diidentifikasi data- datanya serta tercatat di dinas kependudukan dan data catatan sipil yang ada, pungkas Eko.

Sementara itu Kabid Perlindungan anak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai Muhamad Wazir kepada awak media mengatakan saat ini sudah sekitar 45 ribu anak yang terdata dan akan kita buatkan kartu identitas anak nya.

"Kita sudah jemput bola dengan mendatangi sekolah dan saat ini sudah sekitar 45 ribu anak yang terdata dan akan kita cetak kartu KIA nya untuk nanti kita serahkan melalui sekolah-sekolah mereka," ujar Wazir.

Ditambahkan Wazir saat ini data yang ada masih anak berusia 5 sampai 17 tahun atau anak sekolah saja namun untuk anak dibawah umur kita masih kesulitan dan kita mintak peran serta orang tua untuk melaporkan agar anak mendapatkan identitas.

"Kartu itu sangat penting dan didalam kartu tersebut berisi identitas anak mulai dari nama anak, nama orang tua, alamat dan data lainnya untuk keselamatan anak salah satunya," pungkas Wazir. (humasinfokom)



Dibaca 612 kali
Penulis/Editor : ika /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait
Jum'at, 18 Agustus 2017 09:13 WIB1 komentar
Dua Orang Bayi Terima Akte dan Kartu Identitas Anak Di Tanggal 17 Agustus 2017

Usai melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang
Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 72 Tahun yang dilaksanakan dilapangan
upacara Kantor Walikota Dumai Jalan Tuanku Tambusai Bagan Besar, Wakil
Walikota Dumai langsung ...(selengkapnya)

Kamis, 21 Juli 2016 16:48 WIB
Tahun 2017 KIA Mulai Diterbitkan Disdukcapil

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai Suardi menyebutkan bahwa pelaksanaan penerbitan Kartu Identitas Anak  (KIA) akan dimulai pada tahun 2017 dan ditargetkan 99 ribu anak dibawah 16 tahun ...(selengkapnya)

 

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif