DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 11 Oktober 2016 12:20 WIB
Pembukaan Seminar Nasional Kemaritiman INSA Oleh Zul As

Dumai --

Walikota Dumai H. Zulkifli As membuka Seminar Nasional Kemaritiman yang bertemakan "Kota Dumai dalam Lintasan Poros Maritim Indonesia" diselenggarakan Indonesia National Shipowners Association (INSA) dan dihadiri Ketua Umum Carmelita Hartoto serta 21 pengurus daerah, Senin (10/10/16).

Wako menyebutkan, potensi pelabuhan dan kekayaan laut Kota Dumai sejauh ini cukup memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor migas dan minyak mentah kelapa sawit atau CPO termasuk terbesar di Indonesia ke 70 negara.

Letak strategis perairan berbatasan dengan negara tetangga dan panjang garis pantai menjadikan Kota Dumai sebagai pelabuhan terbesar ekspor CPO. Ini merupakan satu potensi yang sangat menguntungkan untuk kegiatan pelayaran dan pengembangan sektor maritim.

"Potensi kelautan cukup besar namun belum digali optimal, dan diharapkan melalui seminar ini ada pemikiran atau konsep yang dapat mendukung suksesnya pembangunan program poros maritim Indonesia, baik di Kota Dumai maupun daerah potensial lainnya," kata Wako.

Diterangkan, dari seminar ini juga diharapkan dapat mengangkat potensi kemaritiman dan kekayaan laut Kota Dumai yang belum tergarap maksimal agar dapat terus berkontribusi untuk kemajuan perekonomian nasional dan daerah.

Dia mengapresiasi pelaksanaan Seminar Nasional Kemaritiman ini diadakan INSA di Kota Dumai karena akan banyak manfaat diperoleh nantinya untuk kemajuan kemaritiman daerah dan peningkatan pelayanan sistem transportasi laut.

"Pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan seminar ini dan diharapkan ada hasil positif untuk kemajuan bersama," harap Wako.

Sementara, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menyebutkan, potensi kemaritiman dan kekayaan laut Kota Dumai potensial untuk dikembangkan karena dapat memicu pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan pendapatan asli daerah.

Kota Dumai dipandang sangat penting untuk mendorong kemajuan sektor kemaritiman nusantara yang menjadi tumpuan ekonomi masa depan negara oleh Presiden Joko Widodo dengan pengembangan potensi kelautan yang dimiliki.

"Sejumlah proyek strategis poros maritim diletakkan di Kota Dumai sebagai salah satu daerah pelabuhan prioritas, dan perlu mendapat dukungan semua pihak pelaku pelayaran dengan koordinasi baik ke pemerintah setempat," kata Carmelita.

Dia juga mendorong pengurus INSA di seluruh daerah untuk mendukung program poros maritim dan meningkatkan sinergi dengan pemerintah setempat agar pelaksanaan sistem transportasi laut berjalan baik dan kondusif serta kemudahan dalam pelayanan yang harus terus ditingkatkan.

"Kekayaan laut mampu menyelesaikan berbagai persoalan bangsa jika potensi dikelola dengan baik dan optimal, karena itu didorong agar pelayanan kepelabuhanan terus ditingkatkan," harap Dia.



Dibaca 375 kali
Penulis/Editor : ika / ika
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif