DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 11 Maret 2016 14:38 WIB
Wawako Dumai, Eko Suharjo Canangkan PIN Polio di Posyandu Camar

Dumai --

Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai secara resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu Camar Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur, Selasa (8/3). 

Pencanangan PIN Polio dilakukan oleh Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, SE ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan pemberian vaksin Polio kepada Balita di Posyandu Camar. 

Hadir pada kesempatan itu, Para Pejabat Struktrural/Fungsional di Lingkup Pemerintah Kota Dumai seperti Kepala Dinas Kesehatan kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Direktur RSUD Dumai, dr. Syaiful, Ketua IDI Kota Dumai, Ketua IBI Kota Dumai, Kepala Puskesmas se Kota Dumai, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Dumai dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Wawako mengatakan bahwa PIN Polio untuk memerangi penyakit dan virus polio. Tujuannya menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas bebas dari cacat tubuh karena penyakit polio. 

Hari ini Pemerintah Kota Dumai melaksanakan pencanangan PIN Polio sebagai tanda dimulainya PIN Polio yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia 8-15 Maret 2016. 

Sasaran kegiatan ini adalah anak usia 0-59 bulan atau Balita yang merupakan kelompok paling rentan untuk tertular penyakit polio. "Untuk itu saya berharap semua Balita di Kota Dumai di vaksin polio." Harap Eko Suharjo.  Menurut Eko, kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya mitigasi dalam memberikan perlindungan optimal dari penyakit polio di Indonesia dan Kota Dumai khususnya. "Melalui PIN Polio ini semua anak balita di Kota Dumai diberi imunisasi tambahan polio agar mereka kebal terhadap penyakit polio. Kita berharap melalui PIN Polio Kota Dumai dapat mempertahankan status bebas polio dan berkontribusi dalam mewujudkan dunia bebas polio pada 2020." Tambahnya.

Masih kata Wawako, PIN Polio perlu mendapat dukungan dari semua pihak agar seluruh balita yang ada di Kota Dumai mengikuti kegiatan ini. Sebab pencapaian target Program Imunisasi memerlukan dukungan para pakar dari berbagai disiplin ilmu, termasuk para dokter spesialis, ahli kesehatan masyarakat dan ahli hukum serta  wakil-wakil dari jajaran lintas sektor serta organisasi profesi bidang kesehatan. Pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS dalam laporannya mengatakan bahwa penyakit polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio yang menyerang susunan syaraf pusat yang mengakibatkan kecacatan permanen dan kematian pada anak. 

Penyebab penyakit polio melalui kotoran manusia yang terkontaminasi virus polio melalui media air. Oleh karena itu lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat sangat berpengaruh terhadap penyebaran virus polio dan penyakit polio dapat dicegah dengan imunisasi. 

PIN Polio dilaksanakan secara serentak dari 8 hingga 15 Maret 2016 dengan sasaran semua anak balita tanpa memandang status. Untuk mensukseskan kegiatan ini Dinas Kesehatan Kota Dumai membuka 220 Pos PIN yang tersebar di seluruh Kecamatan se Kota Dumai seperti di Posyandu, Puskesmas, Pos Pembantu, Poskeskel, Rumah Sakit, Unit Layanan Kesehatan Swasta yang ditunjuk Dinas Kesehatan, pasar, pelabuhan dan bandara. 

Pos PIN yang ditunjuk akan memberikan pelayanan PIN Polio dengan cara memberikan vaksin Polio bagi 35.555 sasaran Balita di Kota Dumai. mengingat penringnya kegiatan PIN Polio kami mengharapkan keterlibatan dan dukungan aktif dari berbagai pihak seperti PKK, Organisasi Profesi kesehatan, Forkopimda, Kementerian Agama, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan seluruh sektir terkait untuk mensukseskan kegiatan PIN Polio di Kota Dumai. 

Terakhir Paisal mengatakan bahwa pencanangan PIN Polio di Kota Dumai adalah untuk mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Dumai mensukseskan kegiatan PIN Polio sehingga cakupan sasarannya lebih maksimal. 

Selain itu pencanangan ini bertujuan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio. 



Dibaca 904 kali
Penulis/Editor : humas / ika
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait
Rabu, 9 Mei 2018 12:17 WIB
Walikota Dumai Lantik Pejabat Esselon II Di Lingkungan Pemerintah Kota Dumai

DUMAI – ...(selengkapnya)

Jum'at, 18 Maret 2016 12:23 WIB
Sekretaris Daerah Kota Dumai Menjadi Inspektur Upacara Dalam Upacara HKN (Hari Kesadaran Nasional)

Sudah menjadi ketentuan bahwa tanggal 17 setiap bulannya ASN di seluruh Indonesia melakukan Upacara Hari Kesadaran Nasional. Demikian pula upacara tersebut dilakukan dilingkup Pemerintah Kota Dumai ...(selengkapnya)

Rabu, 16 Maret 2016 12:57 WIB
Bantuan CSr Indomaret Provinsi Riau dan Senam Bersama Kader Posyandu Se - Kecamatan Dumai Kota

Perwakilan Manajemen PT. Indomarco Prismatama Pekanbaru menyalurkan bantuan sarana dan prasarana Posyandu di Kecamatan Dumai Kota, Selasa (15/3). Perusahaan yang menaungi ritel Indomaret, menyalurkan bantuan dalam ...(selengkapnya)

Rabu, 16 September 2015 10:59 WIB
Pemerintah Kota Dumai raih Penghargaan Pembina K3 Nasional 2015


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin menerima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Nasional Tahun 2015, yang secara langsung diserahkan Menteri Tenaga ...(selengkapnya)

 

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif