DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 8 Januari 2016 16:12 WIB
Hadapi MEA Disnakertrans Kota Dumai Siapkan SDM

Dumai --

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai persiapkan sumber daya manusia (SDM) setempat dengan sejumlah agenda pelatihan dan bimbingan untuk menghadapi sistem perdagangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang resmi diterapkan akhir Desember 2015 lalu. 

Kepala Disnakertrans Kota Dumai Amiruddin menyebutkan, agenda pelatihan yang disiapkan ini untuk menghadapi MEA karena persaingan bursa tenaga kerja akan semakin ketat dan kompleks sehingga SDM harus siap dan mampu bersaing.

"Untuk pelatihan ini nantinya kita juga akan merangkul sejumlah perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat melalui pendanaan sosial yang ada untuk meningkatkan SDM tenaga kerja lokal," katanya, Senin 04/01/2016.

Dia menyebutkan, upaya menggandeng kepeduliaan sejumlah perusahaan ini karena dana APBD Kota Dumai tergolong minim dan tak mampu mengakomodir seluruh program pelatihan yang direncanakan. Disnakertrans juga akan mendata kebutuhan pekerja di perusahaan untuk kepentingan pelatihan dan siap pakai agar dapat tersalurkan dan ditampung perusahaan. 

"Pendataan kebutuhan pekerja ini untuk data base tenaga kerja tahun 2015 hingga 2020," ujarnya.

Menurut dia, pelatihan yang akan menggunakan dana APBD pada 2016, diantaranya pelatihan kepada 120 orang meliputi pelatihan welder sertifikasi, boiler sertifikasi, pelatihan salon, pelatihan menjahit, bordir, lokomotif dan pelatihan instalasi listrik.

Dijelaskannya, sistem perdagangan MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja professional sehingga tenaga kerja lokal harus memiliki daya saing tinggi.

Pemerintah daerah diharapkan mengambil peran untuk meningkatkan rasa percaya diri SDM lokal, baik melalui peningkatan kompetensi di bangku sekolah dan sistem pembelajaran, juga pelatihan keterampilan tenaga kerja.

Pelatihan kerja dan sertifikasi kompetensi kerja merupakan bagian penting dari investasi sumber daya manusia yang berkualitas dan dalam persaingan global, kompetensi sangat penting sebagai bukti otentik atas kompetensi kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Kita berharap dengan sejumlah upaya yang disiapkan ini maka masyarakat Kota Dumai mampu menyiapkan SDM yang memiliki daya saing dan keahlian yang tinggi serta profesional," harapnya. 



Dibaca 862 kali
Penulis/Editor : ika / ika
 


 Komentar :

1. Desmon (Rabu, 13 Januari 2016 20:29:39 WIB)
saya butuh kerjaan mbak, kasihani saya orang miskin ini

 ( Komentar berita ini telah ditutup! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif