DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Kamis, 31 Desember 2015 14:44 WIB
Pj Walikota Dumai Terima Piala WTN Dari Presiden RI

Dumai --

Tahun ini Pemerintah Kota Dumai kembali meraih penghargaan berskala Nasional di bidang lalu lintas, yakni penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2015. Ini tahun ketiga Pemerintah Kota Dumai berhasil meraih penghargaan WTN setelah sebelumnya berhasil meraih WTN 2013 dan 2014.
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Penjabat Walikota Dumai, Arlizman Agus didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Bambang Sumantri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).
 
Kepala Dinas Perruhubungan Kota Dumai, Bambang Sumantri mengatakan Pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan memberikan penghargaan ini kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan setiap tahun kepada Kabupaten/Kota yang terpilih, salahsatunya Kota Dumai.
 
Penilaiannya meliputi aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik. Penilaian dilakukan oleh tim penilai tingkat Nasional dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat RI yang dilakukan secara jujur, objektif dan transparan serta bebas unsur KKN.
 
Tahapan penilaian meliputi penilaian administrasi, terdiri dari perencanaan, angkutan, pendanaan, prasarana, kelembagaan dan peraturan per undang-undangan, lalu lintas, sumber daya manusia dan lingkungan.
 
Tahap kedua adalah teknis dan operasional meliputi, sarana, prasarana, lalu lintas, dan pelayanan kepada masyarakat. Tahap ketiga adalah komitmen (political will) Kepala Daerah. Penilaian kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.
 
Yang dinilai adalah angkutan umum perkotaan,  terminal AKAP/AKDP, jalan, marka jalan, fasilitas pejalan kaki (trotoar), rambu lalu lintas, halte, penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), alat pemberi  isyarat lalu lintas (apill), parkir, pengujian kendaraan bermotor (PKB), kedisipilinan pengguna  jalan, tanda lalulintas jalan, sumber daya manusia, rencana induk transportasi perkotaan, koordinasi antar lembaga dan political will.
 
Lanjutnya, keberhasilan Kota Dumai meraih penghargaan WTN tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Nomor KP 402 Tahun 2015 tentang Penetapan Kota/Kabupaten dan Provinsi sebagai Penerima Penghargaan WTN 2015.
 
“Yang pasti WTN ini berhasil kita raih berkat keseriusan dan kerjasama stakeholder dalam membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan berlalulintas dan angkutan jalan. Dan ini merupakan penghargaan ketiga kalinya setelah berhasil meraih penghargaan yang sama di tahun 2013 dan 2014.” Sebutnya
 
Masih kata Bambang Sumantri, penghargaan WTN tidak akan dapat diperoleh tanpa kerjasama antara Pemerintah dan Isntansi terkait lainnya seperti pihak Kepolisan yang proaktif mengamankan dan menertibkan jalan raya serta seluruh lapisan Masyarakat Kota Dumai yang mendukung terciptanya tertib lintas.
 
“Penghargaan yang kita terima menjadi bukti nyata keberhasilan pemerintah Kota Dumai dibidang lalulintas. Sekaligus menjadi motivasi dalam upaya mewujudkan lalulintas yang baik dikota Dumai dan peningkatan kualitas pelayanan transportasi perkotaan akan terus dilakukan bersamaan dengan adanya ajang penghargaan WTN ini.” Paparnya
 
Kita menyadari bahwa penghargaan yang diberikan ini bukanlah merupakan tujuan utama, namun yang lebih penting daripada itu adalah dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat. Oleh karenanya pengakuan yang diberikan dalam bentuk penghargaan WTN, kiranya akan dapat memberi motivasi bagi kita semua untuk selalu bekerja lebih baik lagi guna mewujudkan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang tertib, teratur, aman, nyaman, dan selamat. Harapnya. (humas)



Dibaca 923 kali
Penulis/Editor : humas / humas
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait
Sabtu, 15 Desember 2018 14:53 WIB
Penghargaan Terbaik I Kota Dumai, sebagai Pengelola & Penyalur KUR & Akses pembiayaan lainnya bagi UMKM se Prov.Riau Tahun 2018

Penghargaan Terbaik I Kota Dumai, sebagai Pengelola & Penyalur KUR & Akses pembiayaan lainnya bagi UMKM se Prov.Riau Tahun 2018.

Senin, 4 Juni 2018 12:32 WIB
Setelah Absen Beberapa Tahun Dengan Predikat WDP, Kini Kota Dumai Mendapat Penghargaan Predikat WTP

PEKANBARU – ...(selengkapnya)

Kamis, 7 Desember 2017 11:56 WIB
Pemko Dumai Raih Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Zona Hijau

Penghargaan demi penghargaan diterima oleh Pemerintah Kota Dumai terhadap sejumlah kinerja yang telah dilakukan. Kali ini Pemko Dumai menerima penghargaan predikat kepatuhan tinggi (zona hijau) dari Ombudsman Republik Indonesia.


<...(selengkapnya)
Senin, 7 Agustus 2017 09:37 WIB
Kota Dumai Peroleh Sertifikat Penghargaan Adipura Dari Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan

Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo. SE menerima langsung Sertifikat
penghargaan Adipura yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan
Kehutanan Siti Nurbaya di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian ...(selengkapnya)

 

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif