DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 6 Maret 2015 09:09 WIB
Wako: Forum SKPD Instrument Penting dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Dumai --

Walikota Dumai H Khairul Anwar secara resmi membuka kegiatan forum Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kota Dumai tahun 2015, dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah tahun 2016 mendatang. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Pertemuan Sri Bunga Tanjung Jalan Puteri Tujuh, Rabu (4/3) kemarin. 

Dalam sambutan singkatnya, Walikota Dumai H.Khairul Anwar mengatakan, forum SKPD Kota Dumai merupakan salah satu instrument yang sangat penting dalam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Dalam penyusunan perioritas anggaran tahun 2016, serta dalam menentukan bentuk dan jenis penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya berdasarkan kebutuhan, partisipasi masyarakat dan aspirasi pemangku kepentingan lainnya. 

"Dari musyawarah rencana pembangunan ditingkat Kecamatan dengan memperhatikan skala prioritas, nantinya akan dibahas dalam Musrenbang tingkat Kota Dumai," kata Wako.

Arah pembangunan Kota Dumai di tahun 2016 menurut Wako, akan mengacu kepada Visi pembangunan nasional dalam RPJMN tahun 2015-2019 yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian dengan berlandaskan dengan gotong royong. Serta pembangunan sektor unggulan yakni kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenaga listrikan, kemaritiman dan kedaulatan serta pariwisata dan industri kemudian pemerataan dan kewilayahan.

"Pada RPJMN 2010-2014 Pemerintah menjalankan 14 skala prioritas Nasional, maka pada RPJMN Pemerintah menjalankan 9 agenda pembangunan yang dilakukan melalui 3 dimensi yakni pembangunan manusia yang terdiri pendidikan, kesehatan, perumahan, dan karakter," ujar Wako Khairul Anwar.

Wako menjelaskan, Dalam implementasi misi RPJMN, yakni mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, mewujudkan masyarakat maju, mewujudkan politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat jati diri bangsa sebagai Negara Maritim yang mandiri, mewujudkan bangsa yang berdaya saing, maju dan kuat dan mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dan kebudayaan.

Wako meminta kepada SKPD yang terkait langsung dengan kepentingan masyarakat agar secara sungguh-sungguh mempertimbangkan semua usulan delegasi Kecamatan yang menjadi skala prioritas dan dimasukkan dalam rencana kerja SKPD tahun 2016. Wako juga meminta kepada pimpinan SKPD agar mempelajari rencana strategis Kementerian/Lembaga tahun 2015-2019 sebagai pedoman sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah agar usulan program dan kegiatan SKPD yang bersumber dari pendanaan APBN dapat sejalan dengan program dan kegiatan Kementerian. Selain itu, untuk menjadikan dinamika pembahasan forum SKPD tahun 2015 sebagai masukan untuk perbaikan kinerja SKPD tahun 2016 yang lebih terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga mempunyai manfaat yang besar.

"Rapat forum SKPD untuk menjadikan pencapaian kinerja tahun lalu sebagai pertimbangan dalam melakukan perencanaan pembangunan terutama penyelesaian kinerja utama yang belum secara maksimal belum terpenuhi." tutup Wako.

 

 



Dibaca 807 kali
Penulis/Editor : oprpde1 / ika
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif