DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 18 Februari 2015 15:20 WIB
Pemko Dumai Optimis Raih Adipura 2015

Dumai --

Menindaklanjuti bahwa Kota Dumai telah ditetapkan sebagai Kota Sedang Terbersih di Provinsi Riau, tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) Dumai optimis meraih Adipura Kencana 2015. Walikota Dumai H.Khairul Anwar meminta untuk seluruh elemen masyarakat Kota Dumai dapat menggiatkan pelaksanaan gotong royong (Goro) di lingkungannya masing-masing. Mulai dari tingkat RT, Kelurahan dan Kecamatan se-kota Dumai dan hendaknya dapat bersatu padu dalam meningkatkan kebersihan lingkungan.

"Mari bersama-sama kita giatkan kegiatan goro yang dimulai dari lingkungan terkecil yakni tingkat RT, Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Dumai, hal tersebut harus dilakukan demi terwujudnya dan meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing guna merebut piala Adipura tahun 2015," kata Wako Dumai, H.Khairul Anwar,SH beberapa waktu yang lalu.

Tim penilai Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan tim dari Provinsi Riau akan turun langsung ke Kota Dumai pada bulan Maret mendatang. Menurut Wako, Sebelum tim turun, Wako mengajak masyarakat Kota Dumai untuk mempersiapkan diri dengan melakukan gotong royong di lingkungannya masing-masing. Pusat perkantoran, jalan-jalan protokol, pasar, tempat pembuangan akhir, RSUD, Puskesmas tak luput dari penilaian yang akan dilakukan tim penilai Adipura 2015

"Ya, nantinya pada bulan Maret tim Adipura akan turun langsung ke Kota Dumai untuk melakukan penilaian dan saya optimis kita akan dapat meraih Adipura Kencana 2015, karena Dumai sudah ada modal dengan nilai 75 ditangan, tapi karena ada perubahan maka kita perlu meningkatkan kebersihan dan penataan kota," ucap Wako.

Sebelumnya Kepala Dinas Tata Kota, Kebersihan dan Pertamanan (DTKKP) Kota Dumai, Zulfa Indra, mengatakan akan mempersiapkan diri menyambut kedatangan tim pemilai Adipura yang akan melakukan penilaian ke Kota Dumai.

"Berbagai upaya telah dilakukan untuk menjaga kebersihan. Salah satunya dengan meminta partisipasi masyarakat menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan serta meningkatkan kesadaran masyarakat membuat sampah pada tempatnya," kata Zulfa. 

Zulfa Indra menjelaskan bahwa penilaian Adipura untuk standar kota besar ada tiga parameter penilaian yaitu pengelolaan sampah, ketersediaan ruang terbuka hijau, dan kebersihan. Tiga parameter ini Inya Allah dapat dipertahankan, dan optimis Kota Dumai bisa meraih Anugerah Adipura 2015.

“Segala perbaikan telah kita lakukan termasuk pemanfaatan TPA sanitary renfil dibukit timah Kota Dumai. Tempat pembuangan Akhir sampah sistem Sanitary Renfil Kota Dumai diyakini dapat menambah nilai pada penilaian Anugerah Adipura,” jelas Zulfa.

Kota Adipura bukan saja bebas Sampah tapi juga kota Berkelanjutan yang nyaman huni, liveable, smart & green economy. Tahapan pelaksanaan yang jelas dan sistematis sehingga pelaksanaan dapat dengan mudah dilakukan dan dapat dilaksanakan secara efektif dengan memperhatikan kapasitas dan persoalan yang ada. Sebagai upaya terus menerus untuk merevitalisasi Program Adipura, kriteria penilaian Kota Adipura akan semakin ditambah. Bukan saja Bebas Sampah dan memiliki Ruang terbuka dan Hijau tapi juga harus bisa menjaga Biodiversity Perkotaan, Udara Bersih, dan Air Bersih (Lingkungan Sehat).

Selain itu untuk menuju Kota Adipura yang Berkelanjutan dibutuhkan penguatan Kepemimpinan Daerah, Kapasitas Aparat Daerah, Partisipasi Masyarakat dan Peran Dunia Usaha. Semua upaya tersebut dituangkan dalam peta jalan menuju kota berkelanjutan.



Dibaca 862 kali
Penulis/Editor : oprpde1 / ika
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif