DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Senin, 1 Desember 2014 10:14 WIB
Bappeko dan Humas Dumai Gelar Pelatihan SDM Bidang Komunikasi, Informasi dan Kehumasan (Publik Relations)

Dumai --

Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) bekerjasama dengan Bagian Humas dan Infokom Setdako Dumai menggelar Pelatihan SDM Bidang Komunikasi, Informasi dan Kehumasan (Publik Relations).  Kegiatan diikuti oleh 100 orang pelajar SMA sederajat se-Kota Dumai, Sabtu (29/11) di Hotel Comfort Dumai. Masing-masing sekolah mengutus 5 orang sebagai perwakilan dari sekolah.

Walikota Dumai, Khairul Anwar melalui Kepala Bagian Humas Pemko Dumai Basri APi, Msi pada pembukaan pelatihan mengatakan, bahwa teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dewasa ini telah mendorong percepatan di berbagai bidang. Seperti halnya mencari dan berbagi informasi saat ini sangatlah mudah didapatkan seiring dengan berkembangnya teknologi jaringan internet.

"Era globalisasi telah menempatkan peranan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat strategis yang menghadirkan dunia seoalah tanpa batas, jarak, ruang dan waktu. Semuanya itu tentunya memberi manfaat praktis bagi umat manusia dalam mengakses informasi dan komunikasi guna mendukung segala aktivitasnya sehari-hari, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi yang pada akhirnya akan mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Basri.

Namun demikian, kata Basri, disisi lain kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tersebut berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, berupa berbagai kejahatan baru di dunia maya (cyber crime) seperti kejahatan kartu kredit, hacking, cracking, perjudian secara online, terorisme serta penyebaran informasi yang bersifat destruktif.

Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam memperoleh informasi kemudian informasi tersebut yang seharusnya dapat memberi petunjuk dan pelajaran yang bermanfaat bagi manusia namun disalahgunakan oleh segelintir orang untuk kepentingan perorangan dan kelompoknya.

"Dengan begitu pesatnya kemajuan ilmu komunikasi dan informasi yang berkembang saat ini tentunya harus diiringi pula dengan penguatan SDM dibidang teknologi dan komunikasi, khususnya pembangunan kapasitas SDM sampai dengan lapisan masyarakat. Sehingga penguatan SDM menjadi poin yang perlu diperhatikan oleh semua pihak," sebut Basri lagi.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta hendaknya mengetahui dan memahami begitu pentingnya ilmu komunikasi dan informasi sehingga nantinya para peserta pelatihan ini dapat menjadi motor bagi kemajuan ilmu pengetahuan teknologi yang berbasis komunikasi dan informasi.

"Dan maksud dilaksanakan kegiatan ini juga diharapkan agar peserta memiliki wawasan dan pengetahuan dalam bidang komunikasi dan informasi. Sedangkan tujuan penyelengaraan pelatihan adalah agar para peserta pelatihan memilki keandalan dalam bidang komunikasi dan informasi," ujar Basri.

 



Dibaca 805 kali
Penulis/Editor : oprpde1 / oprpde1
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif