DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 2 September 2014 09:21 WIB
Walikota Dumai Khairul Anwar Lepas 296 JCH Tahun 2014

Dumai --

Walikota Dumai, H. Khairul Anwar secara resmi melepas keberangkatan 296 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Dumai yang ditandai dengan prosesi menepuk tepung tawari oleh perwakilan calon jamaah di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh, Senin (1/9). Selain Walikota, ikut menepuk tepung tawari Wakil Walikota, dr Agus Widayat beserta istri, Ketua DPRD, Zainal Effendi, Ketua TP PKK Dumai, Hj. Nefi Agustina Khairul, Ketua Harian LAM Riau Kota Dumai Darwis dan Perwakilan Forkompimda.

Kegiatan tepuk tepung tawar merupakan sebuah tradisi budaya melayu yang selalu dilaksanakan sebelum melepas CJH menuju tanah Suci Mekkah. Kegiatan tersebut dilaksanakan Pemerintah Kota Dumai melalui bagian ADM Kesra yang bermakna pemberian do’a restu dengan harapan untuk mendapat berkah agar CJH Kota Dumai mendapatkan gelar Haji Mabrur. Acara pelepasan CJH kota Dumai tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al - Quran oleh Qori terbaik kota Dumai. Walikota H. Khairul Anwar mengatakan, bahwa ibadah haji merupakan salah satu dari Rukun Islam yang tentunya memiliki nilai yang sangat luhur dan mulia. Allah SWT menjanjikan pahala surga bagi mereka yang menunaikan ibadah haji dengan sempurna.

“Harapan saya, luruskan niat dalam menunaikan ibadah haji dan melakukannya hanya karna Allah, agar JCH menjadi Haji yang mabrur dan haji Mandiri sehingga sepulangnya dari tanah suci menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat dan tidak kalah pentingnya selama di tanah suci jangan lupa ber Do’a agar visi Dumai terwujud untuk kesejahteraan Masyarakat sehingga Dumai menjadi lebih baik,” harap Wako.

Walikota berpesan agar semua CJH kota Dumai dapat menjaga kesehatan jelang keberangkatana dan selama berada ditanah suci agar dapat melaksanakan semua rangkaian ibadah haji seperti melaksanakan wukuf di Padang Arafah, melempar jumroh di Mina dan ibadah lainnya sebagaimana yang telah diketahui dan diajarkan dalam kegiatan manasik haji yang dilaksanakan sebelumnya agar menjadi haji Mandiri dan Haji Mabrur. Ucapan terimakasih juga disampaikan Walikota kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan keberangkatan seluruh CJH Kota Dumai. 

“Kepada Calon Jamaah Haji, seandainya dalam melaksanakan ibadah nantinya akan menemui berbagai macam kejadian yang tidak masuk akal maka yakinlah bahwa itu merupakan ujian dari Allah SWT. Dan kepada para pembimbing Jemaah Calon Haji harapan Saya, hendaknya dari tahun ke tahun akan terjadi peningkatan pelayanan yang lebih baik dan tidak mengulangi kekeliruan yang sama yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, dengan demikian Calon Jamaah Haji merasa dilayani dan diayomi serta merasa aman dan nyaman,” ujar Wako lagi.

Sementara Kepala Kantor Kementrian Agama kota Dumai, Drs Darawi dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari Pemerintah kota Dumai sehingga acara-demi acara yang diikuti CJH dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. 

“Mewakili para jamaah, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah karena telah menanggung semua biaya Domestik CJH, seperti menanggung uang transportasi dan uang makan CJH dari Dumai menuju Embarkasi Batam, bantuan tersebut sangat membantu meringankan beban CJH,” ujar Darawi.

Darawi berharap, kepada CJH untuk memperbanyak doa, berzikir dan istiqfar agar diberi kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan rangkaian demi rangkaian ibadah haji, dari yang Wajib hingga yang sunah. CJH Kota Dumai tahun ini berangkat ke tanah suci sebanyak 296 orang yang terdiri dari CJH Perempuan sebanyak 163 orang dan Laki-Laki 133 orang. JCH tertua berusia 78 Tahun dan termuda 24 Tahun. Melaksanakan ibadah haji dengan niat yang ikhlas akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya Insya Allah akan mendapatkan keyakinan, iman yang semakin teguh atas kebenaran Islam dan keagungan Allah SWT, mendapat ketenangan bathin berupa kebahagiaan dan ketenangan dan mudah-mudahan setelah kembali dari tanah suci nantinya hidup akan lebih sukses lagi, baik habluminallah maupun habluminannas.

 



Dibaca 761 kali
Penulis/Editor : oprpde1 /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif