DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 21 Juni 2013 09:43 WIB
Menhut akan Tinjau Langsung Kebakaran Hutan Riau

Dumai -- Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan dijadwalkan akan meninjau langsung peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Provinsi Riau. "Menurut informasi yang kami terima, Menhut akan datang bersama Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada 3 Juli mendatang," kata Kepala Bidang Kedaruratan pada BPBD Riau, E. Tarigan kepada Antara di Pekanbaru, Rabu (19/6) Menurut Tarigan, bisa saja kunjungan mereka dipercepat mengingat kebakaran hutan di Riau semakin menjadi-jadi. Soal kebakaran hutan atau lahan ini, Dinas Kehutanan Riau sebelumnya telah memberikan gambaran melalui surat dinas yang dikirim ke pusat. "Termasuk juga ke Kementerian Lingkungan Hidup karena permasalahan kebakaran lahan juga berada di Kementerian LH," sebut Tarigan.
Kasus kebakaran hutan tidak hanya terjadi di Bengakalis, namun juga sejumlah wilayah kabupaten dan kota lainnya di Riau, di antaranya Kabupaten Rokan Hilir, Meranti, Pelalawan, Siak dan Kampar serta Kota Dumai dan Rokan Hulu. Dan yang baru melaporkan kondisi darurat yaitu Kabupaten Bengkalis. Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bupatinya telah mengirimkan surat tentang rencana tanggap darurat kebakaran hutan ke BPBD Riau untuk kemudian diteruskan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
"Kabupaten Bengkalis dalam kondisi darurat kebakaran hutan, tingkat kebakaran hutan di sana sudah sedemikian hebat sehingga sulit dipadamkan. Saat ini, bantuan logistik dan peralatan pemadam kebakaran telah disetujui dan tengah dalam perjalanan dari Jakarta menuju Pekanbaru. Nantinya bantuan itu akan segera di distribusikan ke daerah-daerah yang membutuhkan," ucap Tarigan lagi.
Sementara itu, di Kota Dumai, puluhan hektar kawasan lahan gambut di beberapa kecamatan dikabarkan telah terbakar tanpa diketahui penyebabnya. Akibatnya, sejumlah petani di daerah Kecamatan Guntung, Kota Dumai, mengantisipasi kebakaran lahan yang mengancam lahan pertanian mereka secara swadaya dengan terpaksa berjaga hingga larut malam atau begadang dengan menggunakan peralatan seadanya.
"Kami terpaksa berjaga sampai malam dengan alat-alat seadanya, kalau petani mampu pakai pompa air tapi kebanyakan menyiram air pakai ember saja," kata Mulyono (45), koordinator petani di Guntung.
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru sebelumnya menyatakan di daratan Riau terdeteksi sedikitnya 148 titik panas (hotspot). Titik panas terdeteksi di 10 kabupaten dan kota di Riau, seperti Kabupaten Pelalawan sebanyak 20 titik, Rokan Hilir (32), Kampar (7), Kuantan Singingi (1), Siak (21), Bengkalis (17), Indragiri Hulu (8), Indragiri Hilir (18), Rokan Hulu (23), dan Kota Dumai (1)
Sumber: http://berita.plasa.msn.com/nasional/antara/menhut-akan-tinjau-langsung-kebakaran-hutan-riau
http://berita.plasa.msn.com/nasional/antara/satu-kabupaten-di-riau-darurat-kebakaran-hutan
http://berita.plasa.msn.com/nasional/antara/bmkg-temperatur-riau-mulai-ekstrem

Dibaca 818 kali
Penulis/Editor : oprpde1 / oprpde1
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif