DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Senin, 6 Juli 2009 05:00 WIB
Keperluan Ikan 6.250 Ton per Tahun

Dumai -- Kondisi perikanan di perairan Kota Dumai sampai saat ini masih belum memuaskan. Hasil tangkapan hanya mencapai 600 sampai dengan 700 Kg per harinya. Jumlah itu tidak dapat memenuhi keperluan ikan masyarakat Kota Dumai.

Jika diperhitungkan, keperluan ikan untuk masyarakat Kota Dumai mencapai 6.250.000 Kg (6.250 ton) per tahunnya. Menurut Dinas Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) Kota Dumai, angka itu dihitung dari keperluan per individu per tahunnya. Untuk keperluan per orang per tahunnya adalah 25 Kg per tahun. Sedangkan jumlah penduduk di Dumai saat ini lebih kurang 250.000 jiwa. Dengan demikian perkalian keperluan per individu dan jumlah penduduk menunjukkan angka sebanyak 6.250.000 Kg per tahun.

Sedangkan jika dijumlahkan hasil tangkapan nelayan yang hanya 700 Kg per hari atau hanya sebesar 8400 Kg per tahunnya. Angka tersebut sangat jauh dari keperluan ikan untuk masyarakat Dumai. Kekurangan itu terpaksa dipasok dari daerah lain, seperti Sumatera Utara dan Sumbar.

‘’Kita mempunyai 134 KM panjang Pesisir di Kota Dumai. Dengan demikian panjang pesisir tersebut adalah tempat nelayan kita melakukan aktivitasnya menankap ikan. Dengan total 40 armada taradisional, nelayan kita per hari hanya dapat mengumpulkan 700 Kg ikan. Itupun jenisnya campur-campur,’’ kata Kadisnakanla Kota Dumai Ir H Surya Irianto MSi, Ahad (5/7).

Selanjutnya, menurut Kadisnakanla, dari dulu sampai sekarang memang hasil tangkapan nelayan di Dumai sama. Paling tidak jika ada perbedaan, tidaklah sampai selisih separuh dari angka tersebut. ‘’Mungkin karena armada yang dimiliki nelayan kita hanya di bawah 5 Gt semu. Karena armada kecil dan sangat tradisional, hasil tangkapan pun tidak banyak yang dibawa,’’ katanya.

Ketika ditanya apakah ada hubungannya dengan pencemaran di perairan atau karena dampak limbah yang mengarah ke perairan Dumai, sehingga hasil tangkapan nelayan sedikit, Kadisnakanla tidak menyebutkannya demikian. Jika memang demikian, dia menyebutkan harus ada tindakan.***

Dibaca 715 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif