DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 3 Juli 2009 01:09 WIB
Penumpang dari Luar Negeri Diperiksa Suhu Badan

Dumai -- Sejak ditemukannya kasus penyebaran flu babi di luar negeri dan keluarnya edaran dari pemerintah mengenai pemeriksaan penumpang dari luar negeri yang masuk ke Dumai, Balai Karantina Dumai terus melakukan pemeriksaan terhadap ratusan penumpang kapal dari luar negeri yang masuk ke Dumai melalui pelabuhan penumpang.

Selain memeriksa penumpang, Balai Karantina juga melakukan pemeriksaan terhadap ABK dan seluruh awak kapal-kapal. Karena kapal-kapal besar dari luar negeri sangat banyak yang masuk ke Dumai, maka perlu kiranya dilakukan pemeriksaan.

Namun begitu, pemeriksaan yang dilakukan oleh Balai Karantina Dumai baru sebatas pemeriksaan suhu badan. Belum ada yang lain-lain yang berkaitan dengan penularan virus flu babi tersebut. Menggunakan pengukur suhu pore head, setiap penumpang dari luar negeri diperiksa. Sebagai antisipasinya, jika ada ditemukan penumpang yang mempunyai suhu tinggi di atas 37 celsius, penumpang akan dirawat. Jika positif akan diberikan tami flu, sejenis obat untuk mengantisipasi penyakit flu.

Kepala Balai Karantina Dumai K Sidauruk SSi melalui Kordinator Tim PHIC Firman, saat dikutip Dumai Kota Online, Kamis (2/7) mejelaskan, selama ini belum ada ditemukan suspek flu babi penumpang dari luar negeri yang masuk ke Dumai. Namun begitu penemuan panas tubuh penumpang di atas suhu 37 celsius, memang ada. Setelah diperiksa ternyata hanya demam biasa.

‘Penumpang kapal dari luar negeri yang masuk ke Dumai kebanyakan dari negara Malaysia dan negeri itu merupakan negara yang masuk kedalam 116 negara yang ditemukannya virus flu babi oleh WHO, maka sebagai daerah transit, Dumai perlu melakukan pengawasan setiap ada kedatangan kapal dari luar negeri, ini hanya seba. Hal ini juga merupakan antisipasi jika memang ada ditemukanya penumpang yang membawa virus flu babi,’’ katanya.

Malaysia, sebut dia lagi, sampai update ke-56 dari WHO data per 2 Juli 2009, sudah ada sekitar 112 kasus flu babi di negara tersebut. Sedangkan Indonesia menurut laporan dari WHO ada sebanyak delapan kasus. Dari total kasus di dunia berdasarkan data WHO ada sebanyak 7.7201 kasus, dari jumlah tersebut meninggal sebanyak 332 orang.***

Dibaca 760 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif