DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Kamis, 2 Juli 2009 02:33 WIB
Pendangkalan Berdampak pada Kapal-kapal Besar

Dumai -- Pendangkalan di kawasan dermaga pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo Cabang Dumai beberapa tahun ini menjadi perhatian Adpel. Beberapa waktu lalu Adpel secara lisan telah meminta PT Pelindo Dumai selaku pengelola pelabuhan tersebut untuk melakukan pengerukan pada kawasan dermaga.

Kepala Adpel Dumai Capt Yusmadi, usai menghadiri HUT ke-63 Bhayangkara di Mapolresta Dumai, Rabu (1/7) menjelaskan, saat ini telah diketahui adanya pendangkalan pada kawasan dermaga di pelabuhan. Sebagai tindak lanjutnya, Adpel Dumai telah meminta secara lisan PT Pelindo Cabang Dumai untuk segera melakukan pengerukan kolam di kawasan dermaga itu.

Akibat pendangkalan, secara otomatis akan berdampak terhadap kapal-kapal dengan bobot besar. Kapal besar tidak dapat melakukan sandar guna melakukan aktivitas pada dermaga tersebut. Dampaknya memang dirasakan. Pada saat ini beberapa kapal tangker yang masuk ke wilayah Pelabuhan Dumai, hanya dapat di kolam labuh yang telah disediakan.

Menurut Yusmadi, bukan hanya diseababkan oleh pembangunan tanki timbun yang ada di seputar tepian pantai pada kawasan Pelabuhan Dumai, juga akibat sendimentasi dan arus air laut yang terjadi selama ini. Akibat pendangkalan yang terjadi di kolam pada kawasan dermaga, satu kapal tangker dengan nama MT Josephine dengan bobot kapal 5.000 ton dengan draft 1,7 meter kandas di kolam dermaga. Untuk melakukan aktivitas olah gerak kapal ke luar dari kawasan dermaga dan kembali berlayar, harus menunggu waktu air laut pasang.

Dari hasil sonding (pengukuran kedalaman) dermaga secara manual, diketahui untuk tiga dermaga yang terdapat di Pelabuhan Dumai yang dikelola oleh PT Pelindo, hanya rata-rata 4,5 LWS (Low Water Spring), 8,7 dan 9,8.

Saat dikonfrimasi kepada pihak PT Pelindo Cabang Dumai melalui Manager Tehnik Yarham, diakui sejak 5 tahun terakhir proses pengerukan kolam dermaga tidak pernah lagi dilakukan. Namun pada saat ini telah kembali akan direncakan melakukan proses pengerukan secara berkala.

Untuk kedalaman kolam telah 5 tahun tidak dikeruk. Terakhir proses pengerukan kolam dermaga dilakukan pada 2004 lalu. Untuk jadwal pengerukan akan kembali dilakukan secara berkala pada triwulan ke dua dan ke tiga. Dimana untuk prosesnya saat ini sedang menunggu kapal keruk.

Sesuai dengan kapasitas layak bagi kapal-kapal yang akan memasuki kolam dermaga, proses pengerukan kolam akan dilakukan pada tiga kolam yakni pada dermaga A menjadi sekitar 7,5 LWS, B 10 hingga 11 LWS dan dermaga C menjadi 9,5 hingga 11 LWS, sehingga kendala yang terjadi selama 5 tahun terkahir ini ke depan tidak lagi terjadi.***

Dibaca 765 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif