DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 1 Juli 2009 02:05 WIB
Pikirkan Risiko Angkut IPA Melalui Jalan Darat

Dumai -- Wali Kota (Wako) Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Sekko Dumai H Wan Fauzi Effendi, dalam rapat evaluasi air bersih di Bapekko Dumai, Selasa (30/6), meragukan keseriusan rekan yang bertanggung jawab mengangkut Instalasi Pengolahan Air (IPA) ke Kota Dumai.

Menurut Wako, pengangkutan perangkat pengolahan air bersih yang dilakukan oleh rekanan cukup berisiko, karena melalui jalan darat dan peralatan yang dibawa sekaligus. ‘’Kita targetkan dalam waktu dekat ini alat itu bisa beroperasi di Dumai. Jangan pula karena sesuatu hal dalam perjalanan proyek ini terkendala, dan target yang kita inginkan tidak tercapai. Rekanan harus memikirkan betul apa risikonya jika membawa peralatan itu melalui jalur darat. Karena kabarnya tiga alat pengolahan air bersih itu dibawa sekaligus. Dengan demikian jika suatu saat terjadi musibah di jalan, jelas proyek ini akan terhenti. Kita minta ada baiknya dibawa sekaligus atau mungkin melalui jalur laut,’’ kata Wako.

Tentu akan berakibat sangat buruk jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Masyarakat juga akan bertanya-tanya rencana proyek air bersih yang ditargetkan pada tahun ini (2009).

Sementara itu pihak rekanan dalam rapat itu baru akan memikirkan resikonya jika pengangkutan peralatan itu melalui jalan darat. Selain itu rekanan juga menghitung biaya yang akan dikeluarkan jika pengangkutan dilakukan satu per satu atau terpisah.

Sedangkan dipihak Pemko, merisaukan dampak dan risiko dari perjalan jauh (Jawa) ke Kota Dumai. Jika peralatan itu dibawa tidak sekaligus, rekanan memikirkan besarnya biaya yang akan ditanggung.

‘’Yang kita fikirkan adalah faktor keselamatannya dan tercapainya pengoperasian proyek tersebut pada tahun ini. Masalah lain kita serahkan kepada rekanan, karena mereka yang meng-handle proyek air bersih itu sebelumnya sudah menyatakan sanggup. Jangan pula karena sesuatu hal proyek ini mejadi terbengkalai. Kita ingin rekanan profesional melakukan pengerjaan ini,’’ katanya.

Pengangkutan IPA merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ini merupakan akhir dari peroyek pemasangan ribuan pipa yang ditanam di bawah tanah Kota Dumai. Jika terjadi kendala pada IPA, maka mega proyek tidak akan dapat berjalan, karena alat utama pengoperasin pengolahan air bersih tidak berfungsi.

Wako bersama dengan Sekko Dumai dan PU Kota Dumai menginginkan tiga perusahaan yang memenangkan pengerjaan proyek air bersih ini dapat mencapai target yang telah ditentukan dan disepakati. Tiga rekanan tersebut adalah Waskita Karya, Nindia Karya dan Adi Karya.***

Dibaca 742 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif