DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 30 Juni 2009 03:41 WIB
Dirjen SDA Pekerjaan Umum Pusat Dukung OPRM

Dumai -- Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Departemen Pekerjaan Umum (PU) Iwan Nusyirwan, menyambut baik program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM). Dengan kata lain, sudah saatnya Riau memenuhi sendiri keperluan berasnya, mengingat potensi lahan di Riau yang mendukung untuk pelaksanaan OPRM.

‘’Saya lama di Riau dan saya tahu persis bahwa daerah ini luar biasa strategisnya. Makanya, Riau memang harus jadi daerah lumbung padi,’’ kata Iwan saat menerima delegasi dari Pemerintah Provinsi Riau yang dipimpin Kepala Bappeda Emrizal Pakis di Departemen PU, Jakarta, Senin (29/6).

Dalam rilis yang diterima Riau Pos, delegasi Riau sengaja mendatangi Dirjen SDA untuk meminta dukungan terkait penanganan jaringan irigasi dan rawa untuk menunjang program OPRM.

Hadir bersama Emrizal antara lain Kadis PU Provinsi Riau Firdaus, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Basriman, Kabid SDA Dinas PU Dadi Komardi dan Staf Ahli Gubernur Riau Asmara.

Sementara Dirjen SDA Iwan didampingi sejumlah direktur di Ditjen SDA dan beberapa pejabat dari Departemen Pertanian.

Dalam pertemuan itu Iwan sangat mendukung penuh program OPRM dan menyatakan siap membantu pembiayaan untuk penanganan jaringan irigasi dan rawa di Provinsi Riau. Namun Iwan mengingatkan agar Pemprov Riau segera menyusun RTRW agar bisa diketahui lahan yang diperuntukkan bagi perkebunan dan kawasan yang digunakan untuk tanaman pangan.

‘’Jangan sampai nanti sudah kita siapkan lahan dan irigasinya, tapi malah dialihfungsikan menjadi perkebunan. Nanti repot. Jadi, ini nanti harus di-Perda-kan agar lahan untuk pertanian ini benar-benar untuk pertanian dan tidak dialihfungsikan untuk perkebunan sawit,’’ kata Iwan mengingatkan.

Iwan juga menegaskan bahwa pihaknya harus segera duduk bersama dengan Pemprov Riau untuk membahas secara lebih teknis dan mendetil, karena sebenarnya tidaklah mudah merealisasikan program OPRM tersebut.

‘’Ini tidak hanya terkait soal lahan, tapi juga soal SDM-nya. Kalau dana mungkin bisa kita bicarakan bersama, tapi kita harus siapkan dulu lahan dan SDM-nya agar program ini nanti berhasil dengan baik,’’ kata Iwan menambahkan.

Pada kesempatan itu Iwan juga menyorot soal banjir yang sering melanda Riau, terutama Pekanbaru. Iwan menyatakan bahwa Departemen PU akan turut mencarikan solusinya. Apalagi masalah banjir ini juga sering merugikan para petani.

‘’Makanya kita harus segera duduk bersama. Kita siap membantu untuk mencarikan jalan keluarnya,’’ tegas Iwan.***

Dibaca 742 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif