DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 30 Juni 2009 02:35 WIB
BJRB Pembina Kekuatan Matra Laut

Dumai --

>Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2009 yang dilaksanakan Mako Lanal Dumai merupakan kegiatan ekstra sekolah yang merupakan program kerja pemerintah dan dilaksanakan sebagai pembina kekuatan matra laut di

seluruh Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan setiap liburan sekolah tersebut untuk memperkenalkan pada generasi muda tentang wawasan kebaharian serta membangkitkan semangat serta jiwa nasionalisme.

Selanjutnya, sebagai pondasi untuk mencetak kader-kader bahari yang tangguh di mana yang akan datang mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. ‘’Kegiatan BJRB memberikan gambaran kepada generasi muda yang terdiri dari siswa untuk menjaga kedaulatan dan mempertahankan NKRI. Indonesia merupakan negara kepulauan, karena itu generasi muda harus dibangkitkan semangat kejuangan dan nasionalisme,’’ kata Wali Kota Dumai H Zulkifli AS dalam pengarahannya selaku Irup pembukaan BJRB di Mako Lanal, Senin (29/6).

Dikatakan Wako, sebagai provinsi yang memiliki wilayah laut yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, kegiatan BJRB sangat lah penting bagi pemuda dan Provinsi Riau. Apalagi peserta yang terhimpun dalam kegiatan ini berasal dari kabupaten dan kota Provinsi Riau. Tentunya kegiatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memahami tentang makna bahari.

Komandan Lanal Dumai Kol Laut (P) Arif Sumartono mengungkapkan, kegiatan BJRB 2009 sejatinya dilaksanakan di atas kapal perang RI yang sedang berlayar. Namun demikian dengan kondisi perekonomian negara yang belum stabil yang mengakibatkan keterbatasan dukungan, maka BJRB tahun 2009 dilaksanakan dengan tidak mengurangi kualitas materi.

Yaitu berlayar dengan rute wilayah perairan Provinsi Riau dan pemberhentian terakhir di Pantai Teluk Rhu, Rupat Utara. Peserta sebanyak 114 orang yang mewakili setiap kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.

‘’Kita harapkan selain untuk mengisi liburan sekolah, gunakanlah kegiatan ini untuk saling mengenal satu sama lain dan menambah wawasan tentang kebaharian. Guna menjadi kader-kader bahari yang tangguh dan siap di mana akan datang,’’ kata mantan Danlanal Tanjung Balai Karimun ini.

Peserta akan digembleng dengan berbagai kegiatan mulai dari pengenalan tugas pokok TNI AL, selanjutnya materi bela negara dan sosialisasi tentang TNI AL. Kemudian berlayar menggunakan KAL Tedung menuju Pulau Rupat. Lain itu mengupas tentang pertahanan negara mengacu pada Undang-undang nomor 3 tahun 2002. Kegiatan akan ditutup, Jumat (3/7). Peserta akan mendapatkan sertifikat tentang BJRB tahun 2009.***



Dibaca 793 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif