DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Senin, 29 Juni 2009 02:03 WIB
Siswa SMK Bisa Ikut UN Paket Kesetaraan

Dumai -- Jika ditahun-tahun sebelumnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tidak terakomodir pada Ujian Nasional Paket Kesetaraan, diharapkan pada 2009 ini, mereka bisa mengikuti UN Program Paket agar bisa tetap lulus, sebagai mana halnya siswa SMA/MA.

UN Paket Kesetaraan untuk SMK ini, saat ini masih menjadi pertimbangan pemerintah, dan besar kemungkinan akan dikabulkan. ‘’Bagaimanapun siswa SMK ini juga memiliki hak yang sama dengan siswa SMA/MA yang tidak lulus UN untuk bisa mengikuti Ujian Nasional Program Paket C,’’ sebut Kasi Kesetaraan R Santoso MPd Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Riau (Disdik), kemarin.

Namun demikian, jika para siswa SMK yang tidak lulus ini ingin mengulang, maka dipersailahkan, dan malah lebih baik, karena dengan mereka mengikuti Ujian Nasional Program Peket C, maka secara otomatis ijazah mereka nantinya adalah ijazah paket C. “Memang dari segi legalitas, ijazah paket C ini tetap sama dengan ijazah pendidikan formal, namun mereka inikan sekolah di SMK, jadi akan sangat kontras saja nantinya, di Paket inikan hanya ada jurusa IPA dan IPS,” jelasnya.

Dengan demikian, menurut Santoso, akan lebih baik mereka tersebut menunggu satu tahun lagi untuk bisa mengikuti UN, dan hal ini sesungguhnya juga diharapkan kepada mereka yang tidak lulus untuk tingkat SMA/MA. “Untuk mengikuti Ujian Nasional Program Pekt ini, sifatnya kita hanya menyarankan, artinya kita tidak mengharuskan mereka untuk mendaftar dan mengikuti Ujian Nasional Program Paket,” ujarnya.

Mengenai jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Paket periode pertama, untuk Paket C dilaksanakan pada 23 hingga 26 Juni 2009, dengan jumlah peserta reguler untuk Provinsi Riau sebanyak 5.291 peserta, sedangkan untuk Paket A dan B ujian dilaksanakan 1-3 Juli 2009, dengan jumlah peserta paket A, 921 peserta, dan paket B, 4.249 peserta.

“Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah, untuk paket C jurusan IPS yakni PPKn, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Matematika, sedangkan untuk program IPA adalah PPKn, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Fisika dan Matematika. Untuk paket B yang diujiankan ialah PPKn, Matematika, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPA. Dan untuk paket A yakni PPKn, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, dan IPA,” katanya.***

Dibaca 756 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif