DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Senin, 29 Juni 2009 01:57 WIB
Listrik PLN Padam Setiap Hari

Dumai -- Menurunnya debit air di PLTA Singkarak dan Koto Panjang serta perbaikan pembangkit interkoneksi di Sumatera Bagian Selatan, menyebabkan terjadi pengurangan daya di sistem interkoneksi Dumai sampai 28 MW setiap hari. Tentu jalan keluarnya harus ada pemadaman listrik sampai mencapai 28 MW.

Sebelum PLTA kering memang sudah sempat terjadi pemadaman bergilir di Dumai dan sekitarnya. Namun pemadaman pada waktu itu hanya sebanyak 8 MW saja pada setiap harinya. Sekali lagi korbanya adalah konsumen di seluruh Dumai, karena pemadaman yang akan dijadikan merata walaupun hanya beberapa jam. Namun karena saat ini telah terjadi penyusutan debit air di PLTA Singkarak dan Kota Panjang, maka terjadi penambahan pengurangan daya listrik pada setiap harinya.

‘’Dengan demikian total pengurangan daya pada setiap harinya mencapai 28 MW. Beban puncaknya akan terjadi pada pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB setiap hari,’’ kata Supervisor Pemeliharaan Retribusi PLN Rayon Dumai Kota Marliandi Daulay, Ahad (28/6).

Menurut Marliandi, kondisi tersebut tidak dapat dihindari, PLTA di Singkarak dan Koto Panjang tidak dapat beroperasi secara maksimal, karena kekurangan air pada waktu kemarau seperti pada saat sekarang ini. Untuk mengoptimalkannya lagi, debet air harus kembali normal. Jika masih tetap saja kurang, maka pemadaman sebanyak 28 MW masih akan terus berlanjut.

‘’Pemadaman sebanyak 28 MW ini hanya untuk sistem jaringan di wilayah Dumai dan daerah yang termasuk ke dalam sistem interkoneksi Dumai, seperti Duri dan Bagan Batu. Daerah itu kita tidak tahu berapa MW yang dipadamkan,’’ katanya.

Masyarakat, sebut Daulay lagi, diharapkan mengerti dengan kondisi yang terjadi pada saat ini. Karena bisa saja untuk mengimbangi pengurangan data. Satu tempat dapat dipadamkan sebanyak dua kali atau lebih pada hari yang berbeda. Artinya setiap hari berturut-turut satu daerah dapat padam berturut-turut, namun keadaan seperti ini diharapkan tidak akan terjadi.

Pantauan lapangan di Kota Dumai, saat ini memang masih terjadi pemadaman bergilir. Ada yang satu tempat sebanyak dua hari berturut-turut bahkan ada yang sampai tiga dan empat hari berturut. Bahkan ada juga pemilik warnet yang lebih memilih menutup usahanya karena pemadaman PLN yang tidak konsisten.***

Dibaca 727 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif