DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Kamis, 25 Juni 2009 02:01 WIB
Pertamina Hijaukan Terminal Agrobisnis

Dumai -- Ratusan pohon ditanam di sekitar Terminal Agrobisnis (TA) di Kelurahan Purnama, tepatnya di samping Pelabuhan Roro Dumai-Melaka. Penanaman yang dilakukan oleh perusahaan minyak terbesar di Indonesia yakni PT Pertamina, dibuka oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Dumai dr H Sunaryo.

Hadir pula unsur Muspida dan GM Pertamina M Djamhuri Muchtar, Humas Pertamina Hendra Nasution dan Dasma Sinaga. Acara yang bertema penghijauan itu akan menghijaukan lokasi TA yang saat ini memang sudah hijau dengan rumput yang sudah setinggi betis anak-anak itu.

Wawako Dumai dr H Sunaryo dalam sambutannya mengharapkan apa yang dilakukan oleh Pertamina merupakan langkah baik untuk menghijaukan Kota Dumai. Selain itu banyak sisi positif yang diperoleh dari penanaman pohon tersebut.

Lokasi penghijauan di areal tandus dan tidak berpenghuni itu kini sudah mulai hijau dengan kedatangan romobongan penanaman pohon. Dengan demikian apa yang ingin dicapai seharusnya akan tercapai, karena selain tanah yang subur, lokasi penanaman tidak banyak yang menganggu karena lengang. Namun sekali-sekali petugas perawatan pohon perlu juga disiagakan, agar pohon yang ditanam di TA itu hidup subur. Jika tidak, akan lebih cepat rumput yang memanjang daripada pohon tersebut hidup duluan.

Usai memberikan sambutannya, Wawako beserta rombongan dan GM Pertamin menuju lokasi penanaman di sekitar TA. Mulai dari pohon untuk Wawako, GM Pertamina sampai dengan camat se-Kota Dumai sudah tersedia di tempat penanaman masing-masing. Pohon hijau tampak segar sebelum ditanam, tinggi pohon sekitar satu meter lebih itu sudah siap untuk ditanam.

Puluhan lubang untuk penanaman pohon pun tampak disiapkan dengan sampul tangan, skop, cangkul, air penyiram pohon, dan tanah uruk. Wawako dr H Sunaryo didaulat sebagai penanam pertama, setelah itu seluruh unsur Muspida lain turut melakukan penanaman serupa, Dandim, Kejari, Lanal, dan instansi lembaga lain juga nampak menanam.

‘’Kita harapkan tempat ini akan hijau,’’ katanya. TA yang memang sudah hijau oleh rumput sejak beberapa tahun terakhir, saat ini berusaha akan dihijaukan lagi dengan pohon-pohon yang sudah setinggi satu meter lebih itu.

Hadir pula Asisten Deputi Urusan Pengendalian Pencemaran Pertambangan Energi dan Migas Khariyansyah. Menurutnya, permasalahan emisi dan gas dari perusahaan di Dumai juga tidak ada masalah. Namun itu hanya berdasarkan laporan dari perusahaan saja, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemantauan, seperti untuk B3 limbah cair dan limbah-limbah lainnya yang dikeluarkan.***

Dibaca 707 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif