DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Kamis, 25 Juni 2009 01:52 WIB
Kuota Haji Dumai Penuh

Dumai -- Sampai saat ini, kuota haji untuk Kota Dumai sudah terisi penuh. Jatah kuota untuk Dumai tahun haji ini sebanyak 276 Jamaah Calon Haji (JCH). Jumlah itu saat ini sudah terisi semua, bahkan daftar antrean JCH terus bertambah.

Dari total kuota JCH di Provinsi Riau sebanyak 5.010, Dumai mendapatkan porsi 276 yang bakal diberangkatkan ke tanah suci. Keberangkatan kloter pertama yang diperkirakan pada Oktober nanti mulai saat ini harus dipersiapkan segala sesuatunya, mulai dari pelatihan sampai kesehatan fisik JCH Dumai.

Kakandepag Dumai Drs Darawi didampingi Kasi Urais dan Haji Drs H Jumari, saat dikutip Dumai Kota Online, Rabu (24/6) menjelaskan, untuk saat ini pihaknya sedang mempersiapkan latihan pra manasik yang akan dilakukan dalam waktu dekat oleh masing-masing kecamatan.

‘’Pertama mungkin akan kita lakukan dulu pra manasik di masing-masing kecamatan. Pelatihan diperkirakan akan dilakukan pada Juli, setelah itu diperkirakan setelah Hari Raya Idul Fitri akan dilakukan kembali manasik. Jika dalam pra manasik dilakukan oleh masing-masing kecamatan saja, nanti dalam manasik akan kita gabungkan semuanya,’’ kata Jumari.

Selain itu katanya lagi, mulai saat ini JCH diwajibkan mempelajari semua prosedur rukun haji. Apa yang akan dilakukan dalam pelaksanaan ibadah haji kelak sudah harus diketahui dan dipelajari, walaupun nanti akan ada pembinging. Namun alangkah lebih baik jika kita mengetahui rukun dan syarat menunaikan ibadah haji tersebut.

‘’Karena haji itu merupakan ibadah untuk diri sendiri, maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui rukun dan syaratnya. Paling tidak apa yang kita lakukan ketika di tanah suci nanti tahu, bukan hanya ikut-ikutan saja,’’ katanya.

Lebih lanjut dia menegaskan, kesiapan fisik dan mental dalam ibadah haji kelak sangat menentukan. Dengan demikian dia berharap seluruh JCH Kota Dumai mempunyai itu semua. Artinya sehat jasmani dan rohani, karena perjalanan ke tanah suci walaupun hanya beberapa hari bahkan hanya beberapa jam, namun kesiapan diri untuk menunaikan ibadah haji itu sangatlah dituntut.***

Dibaca 713 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif