DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 23 Juni 2009 04:13 WIB
Benahi Sentuhan Publik

Dumai -- Dalam mengedepankan pelayanan prima, segenap sisi organisasi pemerintah harus mendapat sentuhan pembenahan. Tidak saja pada sisi pelayanan publik, begitu pula dengan pembenahan birokrasi.
Demikian disinggung Wali Kota Dumai, Drs H Zulkifli AS MSi pada acara pembukaan Bimtek Senin, (22/6) di Hotel Comfort Dumai. Menurutnya, reformasi birokrasi berangkat dari perubahan mind set atau paradigma birokrat yang mengedepankan peran dan pelayanan. 
Peran melayani itu, lanjutnya, harus pula disandarkan pada sistem dan tata cara pengelolaan sumber daya organisasi. ‘’Kalau kita mau mempercepat reformasi birokrasi harus ada kehendak bersama, karena reformasi birokrasi merupakan suatu hal yang panjang dan harus dilakukan secara serius, terus menerus dan konsisten,’’ jelasnya.

Karna lanjutnya, reformasi birokrasi tidak berada pada ruang hampa. Ia harus diikuti pula oleh reformasi dibidang politik, bidang hukum, ekonomi dan sosial.  

Ia kemudian mencontohkan keberhasilan beberapa negara maju dibidang reformasi birokrasi seperti Cina, Jepang, Amerika Serikat dan India, tidak terlepas dari upaya sistemik yang dilakukan secara berkelanjutan.

Dijelaskannya, komitmen pemerintah telah pula dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau, tahun 2004 lalu telah ditanda tangani naskah kesepakatan bersama Gubernur Riau, bupati/wali kota, Ketua DPRD provinsi/kabupaten/kota se-Provinsi Riau, tentang program bersama untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik melalui pencegahan korupsi di setiap jajaran pemerintah.

‘’Momentum ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang yang harus ditempuh untuk mewujudkn cita-cita memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme,’’ ucapnya.***

Dibaca 720 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif