DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 17 Juni 2009 01:47 WIB
Dana Pelabuhan Dianggarkan

Dumai -- Rencana Kota Dumai akan memiliki sebuah pelabuhan penumpang yang dikelola secara langsung, kemungkinan besar segera terwujud pada tahun depan. Sebesar Rp60 miliar lebih dari APBN pun akan mengucur untuk pembangunan pelabuhan penumpang tersebut. Sampai saat ini proses pelaksanaan pembangunan pelabuhan yang berdekatan dengan Pelabuhan Roro Dumai-Melaka di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat tersebut, terus digesa pembangunannya.    

Kadishub Kota Dumai Drs Syafruddin Kamal saat dikonfirmasi Selasa (16/6) mengatakan, rencana untuk merealisasi pengoperasian pelabuhan penumpang baru, akan selesai pada tahun depan. Setelah pelabuhan selesai dan dioperasikan, maka kapal-kapal penumpang domestik maupun antar negara, akan mempergunakan pelabuhan itu untuk aktivitas turun naik penumpang. ‘’Jika selama ini kapal-kapal penumpang, baik itu tujuan domestik maupun antar negara, mempergunakan dermaga milik PT Pelindo. Namun setelah pelabuhan penumpang selesai dikerjakan, maka semua kapal penumpang itu akan dipindahkan tempat sandarnya pada pelabuhan penumpang ini, termasuk proses naik turun para penumpangnya,’’ katanya.

Lebih lanjut Syafruddin mengatakan, dalam proses pembangunan pelabuhan penumpang yang pada saat ini sedang dikerjakan, seluruh dana untuk proses pembangunannya berasal dari APBN. Pemko Dumai hanya ikut bantu dalam proses persiapan pada sisi daratnya saja.

‘’Dana yang disiapkan dalam APBN untuk pembangunan pelabuhan penumpang ini sekitar Rp60 miliar lebih. Sementara Pemko Dumai dalam hal ini hanya menganggarkan persiapan infrastruktur pada sisi darat pelabuhan itu. Namun jika telah selesai dibangun, pusat akan menyerahkannya kepada Pemko Dumai, sehingga sistem pengelolaan pelabuhan itu sepenuhnya berada di tangan Pemko Dumai,’’ katanya.

Pada kesempatan tersebut, Syafruddin mengatakan, sesuai dengan komitmen menejemen PT Pelindo, setelah pelabuhan penumpang selesai dan dioperasikan, maka perusahaan tersebut tidak mengelolanya lagi. ‘’Dari pertemuan dengan manajemen PT Pelindo, telah ada kesepakatan yang menyatakan, setelah pelabuhan penumpang selesai dan berikutnya dioperasikan, pelabuhan yang berada di wilayah PT Pelindo Cabang Dumai akan ditutup dan itu telah menjadi komitmen,’’ ujarnya.

Sementara Wali Kota Dumai H Zulkifli AS MSi menambahkan, sebelumnya pihak PT Pelindo I sempat mengajukan penawaran kerja sama dengan Pemko Dumai dalam hal pengelolaan pelabuhan penumpang. Namun pengajuan kerja sama tersebut ditolak.

‘’Pemko Dumai telah memutuskan pengelolaan pelabuhan penumpang ini tetap akan dilakukan Pemko sepenuhnya, walaupun PT Pelindo I pernah menawarkan bentuk kerja sama dalam pengelolaan pelabuhan,’’ tukasnya.***

Dibaca 758 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif