DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Selasa, 16 Juni 2009 04:30 WIB
Pemprov Ajukan Ranperda Multiyears

Dumai -- Wakil Gubernur Riau H Raja Mambang Mit menyampaikan Rancangan Perda Multiyears yang baru, dan nantinya total anggaran akan berkurang dan menjadi Rp2,33 triliun.

Sebelumnya, pada Perda Multiyears yang dipergunakan pada tahun 2006-2007 sebesar Rp2,4 triliun. Kemudian mengenai waktu yang sudah disampaikan kepada DPRD Riau, sebelumnya hingga 2010 dan pada multiyears diharapkan bisa diperpanjang sampai 2013.

Hal ini dikatakan Mambang Mit kepada wartawan, usai menyampaikan rancanangan Perda Multiyears dalam sidang paripurna DPRD Riau, Senin (15/6). Mambang Mit menambahkan, setelah diajukan Pemperov Riau, DPRD hendakanya bisa segera membahasnya.

‘’Ada dua perubahan dalam Perda Multiyears yang kita ajukan yakni total anggaran dan waktu pelaksanaan. Kita ingin Perda Multiyears ini segera ditindaklanjuti DPRD Riau,’’ ujar Mambang Mit.  

Menurut dia, terjadinya penguran anggaran proyek tahun jamak disebabkan terjadi perubahan proyek pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau. Akibat perubahan itu makanya, terjadi perngurangan anggaran sebesar Rp1 triliun.

Sementara untuk waktu pelaksanaan yang diperpanjang, dalam rancangan tersebut diperuntukan pada proyek K2I kelapa sawit.

Dipertanyakan
Dalam pada itu, sidang paripurna DPRD Riau, Senin (15/6), yang pengusulan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi tentang perubahan Perda Nomor 2/2006 tentang dana anggaran kegiatan tahun jamak, dipertanyakan dewan. Dipimpin Ketua DPRD Riau, Paripurna tersebut diinterupsi tiga anggota DPRD. Terutama Anggota DPRD Syamsul Hidayah Kahar yang masih berstatus sebagai Ketua Pansus Ranperda dengan nama sama, namun khusus membahas Kebun K2i, merasa bahwa aneh kalau kemudian Ranperda dengan nama sama diajukan kembali.

‘’Kami sudah melakukan hearing beberapa kali dan tinggal menunggu jawaban dari Dinas Perkebunan dan Bappeda terhadap pengajuan Ranperda tersebut. Nama Ranperdanya sama dan nilainya memang sedikit berbeda dan khusus membahas anggaran kebun K2i. Jadi untuk apa Pansus bekerja, jadi aneh saja kalau diajukan lagi,’’ ujar Syamsul.

Interupsi dengan alasan yang sama juga disampaikan anggota dewan lainnya, Masdarta dan Bambang Triwahyono. Malahan Bambang mempertanyakan tentang audit yang belum disampaikan terhadap kegiatan tahun jamak sebelumnya. ‘’Yang lama belum ada hasil auditnya, sekarang diajukan pula yang baru dan lagi tumpang tindih lagi,’’ ujarnya.

Walau terjadi pertanyaan seperti itu, Paripurna berjalan sebagaimana mestinya. HR Mambang Mit tetap menyampaikan pidatonya mengenai Ranperda tersebut. Ranperda tersebut mengajukan penambahan anggaran kegiatan kegiatan tahun jamak dan menambah waktu penyeleesaikan.

‘’Kita berharap agar pembahasan anggaran ini bisa diselesaikan secepat-cepatnya. Dari alokasi anggaran semula Rp2,4 triliun yang diajukan, pada Ranperda ini berkurang Rp2,3 triliun. Hanya saja waktunya ditambah menjadi 2013,’’ kata Mambang Mit tidak mau panjang lebar mengometari mengenai Ranperda ganda yang dipertanyakan dewan tersebut.

Ketua DPRD Riau Johar Firdaus juga enggan berpanjang lebar. Kepada wartawan usai sidang, bahwa hal itu nantinya akan dibahas oleh panitia musyawarah (Panmus). Setelah sidang paripurna selesai, digelar mendadak rapat Panmus secara tertutup namun belum diketahui hasilnya. ‘’Nantilah dibahas lagi dalam Panmus,’’ tutur Johar.***


Dibaca 734 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif