DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 10 Juni 2009 02:42 WIB
Melihat Terminal Agro Bisnis Dumai

Dumai -- Sampai saat ini keberadaan Terminal Agrobisinis (TA) belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Mungkin bisa dikatakan mubazir, karena TA milik Pemerintah Provinsi Riau yang berdiri pas di depan Pelabuhan TPI Purnama atau berhadapan dengan Pelabuhan Roro Dumai-Melaka itu, saat ini tidak berpenghuni dan tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Keberadaan TA yang menurut rencana semula Pemprov Riau sebagai sentral atau pusat terminal masuknya seluruh bahan sayuran dan buah-buahan dan keperluan lainnya. Namun entah bagaimana hal itu belum juga terwujud. Sampai saat ini terminal kosong dan lama kelamaan semua rencana itu bisa mejadi tidak pasti. Bahkan beberapa waktu lalu, TA yang dibangun dengan dana APBD itu berubah menjadi pasar tradisional. Hal itu ditunjukkan dari bangunan megah ini, sudah mulai diisi dengan barang-barang dagangan milik pedagang.

Pedagang yang berada di bangunan TA yang mewah itupun tidak bertahan lama. saat dikutip Dumai Kota Online, Selasa (9/6) di lokasi TA, tidak ada ditemukan pedagang tradisional yang sebelumnya riuh menggelar barang dagangannya untuk dijajakan.

Kondisi TA menjadi sangat sepi. Menurut salah seorang security Azhar yang kebetulan bertugas di Kantor Pelabuhan Roro Dumai-Malaka, kondisi TA saat ini memang sepi, karena pedagang yang sebelumnya melakukan aktivitas, saat ini sudah banyak yang menyerah. Hal itu terjadi karena kondisi atau daya beli masyarakat sangat kecil. ‘’Makanya banyak pedagang yang lebih memilih menutup los,’’ katanya.

Namun begitu, pantuan di lapangan, dari kondisi los-los yang sudah dibangun oleh pedanggang, hanya tertutup rapat saja. Namun berkemungkinan masih banyak barang-barang yang tersisa di dalam los tersebut. Hanya saja karena kondisi sepi, pedangan lebih memilih untuk tidak berjualan. Keterangan dari security, jelang sore masih ada juga aktivitas jual beli di dalam TPI itu. Namun hanya jualan makanan saja, seperti soto dan mie rebus.

Air Conditioner (AC) dan kanan kiri jalan menuju TA pun sudah ditumbuhi rerumputan, menandakan sudah tidak dirawat.

Beberapa waktu yang lalu, pedagang sempat juga memanfaatkan bangunan TA untuk kembali diisi. Namun penggunaannya hanya sementara.***

Dibaca 845 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif