DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Senin, 8 Juni 2009 00:59 WIB
Stok Beras Aman Untuk Tiga Bulan ke Depan

Dumai -- Stok beras tiga bulan ke depan untuk Provinsi Riau dan Kepri tidak perlu dikhawatirkan. Saat ini persediaan beras di gudang Bulog Dumai tersedia sebanyak 15 ribu ton. Jumlah tersebut menurut Kepala Sub (Kasub) Divre Perum Bulog Dumai, Drs H Maskur Ilyas, memungkinkan untuk dua provinsi itu bisa bertahan selama tiga bulan lebih.             

Maskur mengingatkan, selama ini pihaknya tidak pernah terputus bekalan beras di dalam gudang. Selain rawan, jika pasokan di dalam gudang kosong, pasti akan berdampak pada Provinsi Riau dan Kepri. Itu karena Bulog Dumai menyuplai pasokan beras untuk dua provinsi tersebut.

Perjalanan ke Kota Dumai dari tempat pengambilan beras di Surabaya juga memakan waktu, bisa sepekan atau lebih, jadi gudang memang tak boleh kosong. Itu semua tergantung dari cuaca di laut, jika cuaca bagus maka perjalanan dapat cepat, namun jika cuaca buruk otomatis kapal lambat berjalan.

‘’Total kapasitas gudang kita adalah 17 ribu ton. Saat ini terisi 15 ribu ton. Ini merupakan angka aman untuk beberapa bulan ke dapan. Memang dari dua provinsi itu, Riau merupakan pengguna terbanyak yang biasanya kita berikan pasokan berasnya. Untuk angkanya kita kurang ingat, namun yang jelas Provinsi Riau masih yang perlu kita awasi pasokan berasnya pada setiap bulannya,’’ katanya.

Jumlah tersebut, sebutnya, dalam waktu dekat, masih di bulan ini, akan masuk lagi 5 ribu ton. Dengan demikian pada Juni 2009 ini, stok beras di  Bulog Dumai melebihi jumlah kapasitas gudang yang ada saat ini, karana totol kapasitas gudang 17 ribu ton.

‘’Namun jumlah tersebut (15 ribu ton) pasti akan berkurang dalam beberapa hari ini, sesuai permintaan dari masing-masing provinsi. Sebenarnya kita tidak ada masalah dengan penambahan 5 ribu ton lagi, karena baru akan masuk dalam waktu dekat. Diperkirakan dalam beberapa hari atau pekan ke depan jumlah stok beras kita pasti akan berkurang. Dengan sendirinya jumlah tambahan beras yang akan masuk tidak akan menjadi masalah, karena penuhnya isi gudang kita,’’ katanya.

Saking banyaknya beras, sebutnya lagi, pembongkaran beras sampai saat ini pun masih terus  berjalan. Pekerja masih melakukan pembongkaran di mana kapal masuk ke Pelabuhan Dumai. Selanjutnya dibawa dan dimasukkan ke dalam gudang Bulog yang berada di Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai.

‘’Sebenarnya melihat cuaca beberapa hari lalu sangat jelek, membuat kami risau. Perjalanan kapal sangat ditentukan oleh baik atau buruknya cuaca dan hal itu pasti akan berimbas pada waktu perjalan. Bahkan bahaya sangat mungkin terjadi jika kapal menghadapi cuaca buruk, sedangkan paling banyak bisanya kapal membawa mendekati 10 ribu ton beras. Dengan demikian cuaca di laut sangat menentukan,’’ tukasnya.***

Dibaca 739 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif