DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 3 Juni 2009 02:35 WIB
DPT Pilpres Riau Naik

Dumai -- TPS Berkurang
Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden (Pilpres) Provinsi Riau meningkat sebanyak delapan persen bila dibandingkan dengan DPT pada Pemilihan legislatif 9 April lalu. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) justru dikurangi menjadi 521 unit.

Secara angka, bila pada Pemilu legislatif lalu jumlah pemilih yang terdaftar pada DPT tercatat sebanyak 3,3 juta orang, pada Pemilu ini jumlahnya meningkat jadi 3.646.965 orang. Sedangkan jumlah TPS pada Pilpres 8 Juli 2009, tercatat hanya tinggal 10.859 unit dari sebelumnya 11.380 unit.

‘’Terjadinya pengurangan TPS ini menyebabkan 3.600 orang petugas KPPS kehilangan job,’’ ucap anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Tengku Edy Sabli, ditemui Selasa (2/6).

DPT Riau tersebut jelasnya telah diplenokan pada Jumat (29/5) malam. DPT tersebut lantas dibawa ke KPU pusat untuk diplenokan menjadi DPT se-Indonesia pada Ahad (31/5).

Bertambahnya jumlah pemilih pada Pilpres bila dibandingkan dengan Pemilu legislatif lalu kata Edi, terkait dengan adanya penambahan pemilih baru yang bersumber dari pemilih pemula yang pada 8 Juli mendatang sudah genap berusia 17 tahun, masyarakat yang pindah alamat atau penduduk baru, ada pula masyarakat usia pemilih yang pada Pemulu legislatif lalu tidak terdaftar sebagai pemilih. Selain penambahan juga dilakukan validasi pengurangan pada pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dan lainnya.

Selain itu terjadi penambahan ini terang Edi, juga akibat tingginya kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan diri, terutama bagi yang tidak terdaftar pada Pileg lalu, dengan cara mendatangi Panitia Pemilihan Setempat (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terdekat.

‘’Sepertinya antusiasme masyarakat usia pemilih untuk ikut memberikan suaranya dalam Pilpres ini cukup tinggi. Makanya tak hanya di Provinsi Riau, secara nasional jumlah pemilih ini juga mengalami kenaikan dari Pemilu legislatif lalu,’’ jelas Edi.

Sementara pengurangan TPS dilakukan karena adanya penambahan jumlah batas maksimal pemilih di tiap-tiap TPS. Pada Pemilu legislatif lalu, jumlah maksimal pemilih di TPS dibatasi hanya 500 orang, sedangkan pada Pilpres, jumlah maksimal jadi 800 orang.

Akan halnya 11 kabupaten/kota se-Riau, memang tidak semua daerah yang mengalami penambahan pemilih, melainkan ada pula yang mengalami pengurangan, seperti Kota Dumai (lihat tabel).***

Dibaca 791 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif