DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 3 Juni 2009 02:28 WIB
297 Petugas Pemilu Dumai Nganggur

Dumai -- Dampak Pengurangan TPS Pilpres
DAMPAK dari penyusutan jumlah Tempat Pemungkutan Suara (TPS) Pemilih Presiden (Pilpres) Juli 2009 berdampak pada pengurangan TPS dan anggotanya. Jumlah TPS pada Pemilu legislatif 530 dengan total petugas TPS dan Linmas 4.770 petugas, namun pada Pilpres dipangkas jadi 497 dengan total anggota menjadi 4.473 petugas, dengan demikian terjadi pengurangan petugas 297 orang.

Angka itu menurut Ketua KPU Dumai, Ahmad Rasyd Amd, Selasa (2/6) sesuai dengan keperluan TPS pada Pilpres Juli 2009, karena memang berdasarkan aturan yang ada, jumlah TPS Pilpres tidak sama dengan TPS Pemilu legislatif, makanya KPU melakukan perampingan sesuai dengan keperluan pemilih berdasarkan jumlah pemilih yang ada di peraturan pelaksanaan Pilpres.

Menurutnya, pengurangan petugas hanya terjadi pada petugas KPPS di TPS dan petugas Linmas, sedangkan untuk tingkat PPK dan PPS tidak terjadi pengurangan, artinya jika pada Pemilu legislatif jumlah PPK di setiap kecamatan itu lima orang, maka jumlah totalnya 25 petugas, dan di setiap PPS juga ada tiga orang, karena di Dumai ada 35 kelurahan, maka dikalikan saja jumlah per PPS.

Pengurangan tidak akan berdampak pada pelaksanaan Pilpres, karena jumlah petugas Pemilu yang diperlukan sudah sesuai aturan yang ada, dan pengurangan terjadi juga wajar, karena Pemilu legislatif ada 530 TPS, dengan jumlah tersebut wajar dengan banyaknya petugas pada waktu itu, dan pada saat Pilpres jumlah itu dikurangi. ‘’Penyusutan TPS harus dilakukan oleh KPU Dumai, karena tak mungkin dalam pelaksanaan Pilpres mengacu pada ketentuan Pemilu legislatif,’’ katanya.***

Dibaca 811 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif