DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Sabtu, 23 Mei 2009 02:10 WIB
26 Mei, Syamsuar Plt Bupati Meranti

Dumai -- Rosfian Jabat Sekda
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Mardianto Manan, dijadwalkan akan meresmikan terbentuknya Kabupaten Kepulauan Meranti Selasa (26/5), di Gedung Sasana Graha Bakti Depdagri RI, di Jakarta.

Selain meresmikan Kabupaten Meranti, pada saat itu juga telah diketahui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Meranti, yang akan dijabat Syamsuar dengan Rosfian sebagai Sekda.

Jumat (22/5), Drs H Syamsuar MSi mengaku telah menerima surat undangan dan pemberitahuan tentang pengangkatan dirinya sebagai Plt Bupati Kepulauan Meranti yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei di Jakarta. ‘’Ya, saya sudah menerima surat udangan untuk pelantikan sebagai Plt Bupati Meranti,’’ ucap Syamsuar.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Meranti Center Jakarta, Ramlan Abdullah, menyebutkan, agar Pelaksana tugas (Plt) Bupati Meranti Syamsuar dan Setda Meranti terpilih Rosfian, mampu mengemban tugas dan meletakkan pondasi pemerintahan kabupaten baru dan mengantar Meranti hingga menggelar Pilkada I di Meranti tahun depan.

Hal itu dikatakan oleh Ramlan Abdullah, Jumat (22/5) di Jakarta menjelang bakal dilantiknya Syamsuar oleh Mendagri, pada Selasa (26/5) di Gedung Departemen Dalam Negeri Jakarta.

Namun demikian, Ramlan menyatakan bahwa penjabat Meranti memiliki pekerjaan rumah (PR) berat yang diemban dan tidak bisa dilaksanakan secara sendiri. Ramlan berharap Provinsi Riau dan Gubernur Riau serius menjaga ‘’anak bungsu’’ dengan segala keterbatasan yang dimiliki kabupaten baru.

Secara terpisah, Kapuspen Depdagri Saut Situmorang mengatakan, selain Meranti, sebanyak enam daerah otonomi baru juga akan diresmikan pembentukannya oleh Mendagri pada Selasa (26/5) nanti, yakni Kabupaten Nias Utara, Nias Barat, Kota Gunung Sitoli (Sumut), Kabupaten Sabu Raijua (NTT), Intai Jaya dan Deiyai (Papua). Pada kesempatan sama kata Saut, juga akan dilanjutkan dengan pelantikan penjabat kepala daerah masing-masing daerah tersebut. ‘’Rencananya pelantikan itu akan digelar di aula Sasana Bhakti Praja Depdagri, Jakarta,’’ kata Saut.

Tanggal Pasti
Dalam pada itu, peresmian dan pelantikan tersebut juga akan langsung dihadiri Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal sebagai penerima mandat.

Pernyataan tersebut dipastikan Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Provinsi (Sekdaprov) Riau Alimudin, saat , Jumat (22/5), di Pekanbaru.

Alimudin menambahkan, surat dari Depdagri yang menyebutkan kepastian tanggal pelantikan itu sudah diterima Pemprov Riau.

Menurut dia, tidak ada permasalahan lagi dalam melakukan pelantikan nantinya.

Sebab, berdasarkan Kawat Depdagri Nomor 135.14/1741/SJ 2009, tentang peresminan dan pelantikan Penjabat Bupati Kepulauan Meranti, sudah kuat menjadi dasar pelantikan nantinya.

‘’Kita sudah terima surat perintah dan petunjuk dari Depdagri RI, bahwa peresmian dan pelantikan penjabat Bupati Kepulauan Meranti dilakukan di Jakarta. Pelantikan dilakukan langsung Mendagri RI Mardianto,’’ ungkapnya.

Berdasarkan surat itu juga, Alimudin menjelaskan, sebagai dasar peresmian pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti sudah jelas. Dengan kata lain, teka-teki kapan waktu peresmian secara khusus sudah terjawab dengan surat tersebut.

Sementara saat ditanyakan masalah siapa penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Alimudin tidak menyebutkan nama bupati definitif pemekaran daerah baru di Provinsi Riau ini. Alimudin beralasan, belum diketahuinya pejabat Plt Bupati Kepulauan Meranti karena masih menunggu keputusan pusat.

‘’Masalah siapa Plt Bupati Kepulauan Meranti, bukan wewenang saya, tapi Mendagri RI. Kita lihat saja siapa yang akan dilantik nantinya, di Jakarta,’’ tambahnya.***

Dibaca 727 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif