DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Jum'at, 8 Januari 2010 02:54 WIB
Gubri Sahkan UMK Rp1.070.000

Dumai -- Akhirnya, Gubri menyetujui upah minimum kota (UMK) 2010 Kota Dumai Rp1.070.000, sesuai hasil kesepakatan antara Dewan Pengupahan Kota Dumai bersama perusahaan-perusahaan dan pihak terkait, beberapa waktu lalu. Saat ini, UMK tersebut telah di Disnaker Kota Dumai untuk disosialisasikan dan diberlakukan mulai Januari ini.

Kadisnaker Kota Dumai H Rasiddin SH didampingi Kabid Pengawasan dan Syarat Kerja Naker M Fadhly saat dilansir Dumai Kota Online, Kamis (7/1) mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan agar memberlakukan UMK yang baru.

Jika melihat UMK 2009 sebesar Rp967.500, maka UMK 2010 naik Rp102.500. Sedangkan jika melihat keperluan hidup layak (KHL) Kota Dumai berdasarkan data 2008 lalu Rp112.388 UMK sekarang ini masih belum mencukupi.

Diakui, pembahasan UMK sangat sulit untuk mencapai kata sepakat antara syarikat buruh. Namun setelah dijelaskan, dan diberi masukan, akhirnya didapat kata sepakat di antara kedua belah pihak.

Wajib Diterapkan
Sejak diberlakukannya UMK baru ini, Kadisnaker mengimbau pihak perusahaan untuk mematuhi, dengan membayar upah buruh sesuai yang telah disetujui Gubri. Sedangkan kepada para buruh diingatkan untuk tidak tinggal diam, jika menemukan kejadian yang merugikan atau dibayar tidak sama dengan UMK.

‘’Karena diam saja tidak akan menyelesaikan masalah, buruh bisa melaporkan jika memang menemukan pelanggaran, atau bisa langsung melaporkan kepada instansi berwenang. Sebab,  jika bukan pekerja yang melakukan pengaduan, siapa lagi,’’ tuturnya.

Ia berharap  hal-hal yang merugikan buruh jangan lagi sampai terjadi. Sebab, selain untuk menghidupi keluarga, mereka juga pasti mempunyai tujuan sendiri untuk masa depan dari pekerjaan yang dijalaninya saat ini. ‘’Karena itu, perusahaan wajib memperhatikan nasib buruhnya,’’ tegasnya.

Selain itu, ia berharap agar peningkatan UMK yang terjadi tahun ini tidak dipolemikan lagi. Sebab, selain tidak banyak, kenaikan itupun sudah disetujui oleh kedua belah pihak, baik dari pekerja maupun perusahaan itu sendiri. ‘’Kesepakatan yang dibuat perlu dilaksanakan, karena jika tidak akan menimbulkan permasalahan yang baru,’’ ujarnya.***

Dibaca 700 kali
Penulis/Editor : Admin / admin
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif