DISHUB - Pengumuman Penyediaan Jasa Pemungutan Retribusi Penyediaan Tempat Parkir Kendaraan Umum Di Dalam Terminal Barang dapat dilihat pada menu unduhan               Kebersihan - Mari bersama kita jaga kebersihan dan keindahan Kota Dumai               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Sabtu, 23 Mei 2009 02:01 WIB
Bantuan Terhambat Administrasi

Dumai -- Wawako Panen Semangka
WAKIL Wali Kota (Wawako) Dumai dr H Sunaryo melaksanakan panen perdana tanaman holtikultura yang dikelola oleh Kelompok Tani Sahabat. Tanaman holtikultura yang terdiri dari pare, semangka, melon dan kacang kedelai, ditanam di lahan seluas tiga hektare milik TNI AU dari Satradar 232 Dumai.

Di lahan 3 hektare yang dikelola Kelompok Tani Sahabat tersebut, seluas 1,5 hektare ditanami semangka non biji beserta melon. ‘’Keberhasilan hari ini merupakan sebuah kerja sama antara petani yang sangat bagus di lahan milik Satradar yang dikelola oleh masyarakat dalam meningkatkan prekonomian. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras Badan Penyuluh Pertanian dan PPL,’’ jelas Wawako, saat dikutip Dumai Kota Online, Jumat (22/5) di sela-sela kegiatan.

Pemerintah Kota Dumai, katanya yang saat itu didampingi Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai Drs Affipudin, telah melaksanakan pembinaan kepada petani dengan cara memberikan bantuan. Hanya saja bantuan untuk tahun 2009 ini terhambat administrasi.

Bantuan tersebut pada rancangan APBD tahun 2009 ini termasuk dalam bantuan modal, bukan bantuan sosial. ‘’Kita mengharapkan bantuan petani Kota Dumai bersifat sosial. Pemberian bantuan bisa meringankan beban para petani dalam mengunakan anggaran bantuan,’’ jelasnya.

Wawako menilai pengembangan sektor pertanian di Kota Dumai tergantung dari sisi georafisnya. Khusus untuk Kecamatan Bukit Kapur merupakan daerah pertumbuhan dan pengembangan holtikultura dan pangan. Di mana nantinya pengembangan ini bisa ditingkatkan serta dikembangkan dengan terminal agrobisnis.

Ketua Kelopok Tani Sahabat, Rudi Hartono menjelaskan, dengan dana swadaya, mereka memulai langkah untuk melaksanakan cocok tanam. Dengan lahan seluas 3 hektare sebagai pinjam pakai dari TNI AU, petani melaksanakan cocok tanam semangka seluas 1,5 hektare.

Dirinya berharap, dengan panen perdana ini bisa meningkatkan hasil produksinya. ‘’Kita mengharapkan panen raya ini bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk bertani dalam memenuhi prekonomian keluarga,’’ jelasnya.***

Dibaca 745 kali
Penulis/Editor : Admin /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informatika Kota Dumai @ 2013, © 2019
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif